Semangat Gotong Royong : Pengalaman PUK Baru di Batam

Pada hari Minggu, 5 Mei 2024, diadakan acara Organising bagi PUK yang baru bergabung anggota FSPMI Batam, yang berlangsung di Golden View Hotel kota Batam. Hadir dalam acara ini 4 PUK baru, yaitu PUK Haleyora (HPI), PUK Suryateknologi, PUK Pegaunihan, dan PUK Tese Manufacturing. Acara dipandu oleh Vice Presiden FSPMI bidang Organisasi, Nur Yasin, S.H., bersama dengan Dedi sebagai perwakilan dari Pekerja Muda FSPMI.

Acara dimulai dengan sesi tanya jawab dan berbagi kesan, mengapa mereka memutuskan untuk bergabung bersama FSPMI. Rata-rata peserta menjawab bahwa mereka ingin bergabung dengan serikat pekerja yang dapat memfasilitasi berbagai hal untuk mewujudkan visi dan misi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan keluarga mereka.

Mereka ingin dapat bernegosiasi tentang upah, mengembangkan keterampilan public speaking, dan lain-lain. Mereka menyadari bahwa hanya di FSPMI semua ini bisa terwujud, meskipun baru sebagian kecil. Mereka memahami bahwa perjuangan membutuhkan waktu dan proses.

Yasin juga menjelaskan sejarah berdirinya FSPMI beserta peran para pelopor dalam membentuk organisasi ini. FSPMI memang berbeda secara sistematis dengan organisasi lain. FSPMI didirikan melalui kerja sama bersama, termasuk dalam pembelian tanah dan pembangunan kantor-kantor di berbagai daerah di Indonesia.

Ini diwujudkan melalui pembayaran uang konsolidasi dari kenaikan upah setiap anggota FSPMI. Konsep gotong royong ini merupakan warisan dari nenek moyang kita. (ali gani)