Pemerintah menyatakan sudah ada beberapa investor asing yang merelokasi usaha pengolahan ikan Black Cod ke Indonesia, menyusul naiknya upah tenaga kerja di Vietnam, China dan Thailand.

 Ikan Black Cod | leefishusa.com


Ikan Black Cod | leefishusa.com

Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut P Hutagalung mengatakan, dengan semakin mahalnya upah di China, Thailand, Vietnam, saat ini pabrik pengolahan Black Cod dialihkan di Surabaya dan Jakarta.

“Kita beri ijin tahun ini untuk impor Black Cod 1.000 ton di Jawa Timur, dan 1.000 ton di Jakarta,” kata Saut usai rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Rabu (9/10/2013).

Black Cod merupakan salah satu jenis species ikan yang tidak ditemukan di perairan Indonesia, dan hanya bisa diperoleh di Alaska. Untuk itu, kebijakan importasi wajar dilakukan. Terlebih lagi, ikan ini dipertuntukkan kebutuhan industri pengolahan.

“Saya pikir ini baik, karena menciptakan lapangan kerja. Jadi impor bisa dilakukan, karena pertimbangannya lapangan kerja terutama untuk industri. Karena ini direekspor maka devisa juga bertambah,” tuturnya lagi.

Sayangnya, Saut belum bisa menyebutkan angka pasti berapa yang sudah direekspor hingga semester pertama 2013. “Ini tahun pertama berjalan, baru mulai 2013, yang direekspor, saya belum tahu,” pungkasnya.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/10/09/1920425/Upah.Buruh.di.China.Naik.Pengolahan.Ikan.Direlokasi.ke.RI


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *