KATA PENGANTAR SPAI-FSPMILOGO SPAI-FSPMI

Assalamualikum Wr Wb

Kondisi perburuhan di Indonesia yang semakin memprihatinkan ditandai dengan Politik Upah Murah , Outsourcing makin merajalela, penutupan perusahaan ,kriminalisasi dan PHK bagi anggota dan aktivis Serikat Pekerja adalah sebagian dari deretan masalah yang kini dihadapi kaum buruh Indonesia. Kedepan permasalahan akan semakin kompleks dengan telah disahkannya Undang Undang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang banyak merugikan buruh , disisi lain posisi tawar buruh semakin melemah akibat lemahnya solidaritas dan rendahnya kesadaran buruh untuk menutut hak . Serikat Pekerja yang seharusnya menjawab tantangan tersebut gagap menghadapi perubahan yang cepat . bertitik tolak dari kondisi tersebut suatu keharusan perlu ada Serikat Pekerja yang mampu untuk menjawab tantangan.

FSPMI selama ini keberadannya cukup diperhitungkan dengan perjuangan yang nyata dan solidaritas tanpa batasnya telah banyak menggugah buruh untuk bergabung, tetapi konstitusi tidak memungkinkan untuk merekrut pekerja lain disektor metal, padahal keinginan didaerah tidak bisa terbendung . Berdasar hal demikian dalam Kongres IV FSPMI di Bandung disepakati untuk melakukan perubahan konstitusi yang bertujuan mengorganisir pekerja non Metal ,saat itu juga dideklarasikan Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) yang berafiliasi ke FSPMI.

Dalam perjalannya keberadaan SPAI mempunyai masalah yang lebih komplek dibandingkan SPA lain di FSPMI dengan didominasi masalah yang bersifat normatif. Karakteristik anggota SPAI juga berbeda dengan sektor lain di FSPMI, disparitas yang tinggi antar perusahaan dalam hal kemampuan serta heterogennya kepemilikan serta jenis industri menambah kompleksnya permasalahan .

Kompleksnya permasalahan di SPAI dimaknai oleh seluruh pengurus sebagai tantangan dan pemacu untuk lebih giat mengorganisir dan melakukan pembelaan .sehingga kedepan SPAI lebih punya makna dimata anggotanya.

Demikianlah kata sambutan ini kami sampaikan , terima kasih untuk dukungan dalam keberadaan SPAI

Salam Solidaritas

Jakarta , 15 Juli 2011
OBON TABRONI

Ketua Umum

 

SUSUNAN PENGURUS SPAI-FSPMI

NO

NAMA

JABATAN

1

OBON TABRONI

KETUA UMUM

2

ISWAN ABDULLAH

KETUA I

3

NYUMARNO

KETUA II

4

LAMHOT SIRAIT

KETUA III

5

JAMALUDIN MALIK

SEKRETARIS UMUM

6

NURMUBIN

SEKRETARIS  I

7

LINUWIH

SEKRETARIS  II

8

EKA HERNAWATI

SEKRETARIS  III

9

PUJI
ASTUTI

BENDAHARA