IMG_00000791(1)Sejarah baru gerakan buruh Indonesia akan kembali tercipta. Bagi saya, ini bukan sekedar cerita tentang romantisme perjuangan yang hanya bombastis dalam kata-kata. Bukan itu. Ini adalah sebuah semangat dan strategi baru untuk saling bergandengan tangan dalam mewujudkan cita-cita perjuangan.

Konsolidasi Nasional Aktivis Buruh se-Indonesia sudah dipastikan akan digelar pada tanggal 30 September 2013, tepat di hari Senin. Sebanyak 1.500 aktivis buruh dari 20 Provinsi akan hadir dalam Rapat Akbar yang diselenggarakan di Gedung Joeang, Cikini.

Agenda ini, sekaligus menegaskan jika karakter dasar gerakan serikat buruh – bersatu – bisa dilakukan. Apalagi, seribu lebih aktivis yang akan hadir dalam konsolidasi ini berasal dari berbagai Federasi dan Provinsi.

Dalam satu – dua tahun ini, sebenarnya konsolidasi dengan melibatkan peserta yang cukup besar seperti ini memang sudah biasa terjadi. Meskipun begitu, pertemuan besar yang melibatkan ribuan aktivis lintas Federasi  yang salah satunya agendanya mengadakan deklarasi mogok nasional, jelas menjadi hal yang fenomenal.

Fenomenal, karena saat ini kita mendengar aparat keamanan semakin represif dalam menangani aksi-aksi buruh, tetapi seruan untuk melakukan aksi bukannya berkurang. Dalam kondisi seperti itu, gerakan buruh tidak tiarap. Justru dari situlah muncul kesadaran untuk saling bergandengan tangan. Kesadaran untuk melawan dan menolak diam.

Perkembangan positif mulai terlihat. Kini banyak yang optimis, perjuangan kaum buruh untuk menaikkan upah 50 persen pada tahun depan bisa diwujudkan. Menjadi cita-cita bersama, dimana mereka bahu membahu untuk mewujudkannya. Dan ketika buruh sudah bergerak, siapa yang bisa menghentikannya? (Kascey)

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *