DSCN0233

Berbicara tentang pengalaman saya dalam berorganisasi, sama halnya membicarakan jejak langkah yang sudah saya torehkan dalam kehidupan ini. Tanpa bermaksud menyombongkan diri, hari-hari saya adalah hari-hari dimana saya mendedikasikan diri untuk umat melalui berbagai organisasi yang saya ikuti. Hal ini sejalan dengan apa yang saya yakini selama ini, bahwa hidup kita harus memberikan manfaat kepada yang lainnya.

Bukankah orang yang paling baik diantara kita adalah orang yang paling banyak memberikan manfaat kepada yang lainnya? Saya tidak ingin hidup saya berakhir dengan sia-sia. Oleh karena itu, apa yang saya lakukan selama ini adalah sebuah ikhtiar untuk menjadikan agar keberadaan saya menjadi bermakna.

Bagi saya, selain untuk berbagi kebaikan, organisasi adalah alat untuk mewujudkan cita-cita perubahan. Sebuah kebaikan yang tidak terkoorganisir bisa dengan mudah dikalahkan, bahkan oleh kejahatan. Dalam konteks itulah organisasi menemukan esensinya: penjaga agar cita-cita perbaikan itu tetap terpelihara.

Menyadari akan pentingnya organisasi itulah, yang kemudian mendorong saya untuk aktif diberbagai organisasi. Antara lain; Menjadi Ketua RT di Perumahan Bukit Kemuning, Sekertaris Yayasan Pendidikan PAUD & RA  Al Ikhlas, Direktur Pendidikan Islam Al Mubin, Ketua Yayasan Masjid Al Baqa di Batam, Ketua Pembangunan Fisik Masjid Al Baqa, Ketua Umum  Koperasi Bersama Berdikari Madani, Wakil Ketua Bidang Usaha Koperasi Karyawan PT. TEC Indonesia, Dewan Penasehat Majelis Taklim PT. TEC Indonesia, dan Sekertaris Paguyuban Warga Kabupaten Nganjuk di Batam.

Meskipun kesibukan di organisasi-organisasi tersebut menumpuk, saya juga aktif di organisasi serikat pekerja. Saat ini saya tercatat sebagai Ketua PUK SPEE FSPMI PT. Tokyo Electronic Corp Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan PT. TEC Indonesia. Di tingkat cabang, saya diberi kepercayaan sebagai Wakil Ketua Bidang Infokom dan Sosial Ekonomi Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Kota batam, Ketua Umum Koperasi PC SPEE FSPMI Kota Batam, dan Dewan Pengupahan Kota Batam (Depeko) untuk periode Tahun 2012 – 2014.

Jangan sangka, saya hidup dari organisasi itu. Sama sekali tidak. Pekerjaan sehari-hari saya adalah menjadi buruh di PT. TEC Indonesia, sejak tahun 1999. Kehidupan kaum buruh memang sangat dekat dengan saya. Sebelum bekerja di PT. TEC Indonesia, saya adalah karyawan di PT. Kedaung Group Krian di Jawa Timur (1997 – 1998) dan sempat bekerja di SPBU Simpang Base Cam Batam pada tahun 1998 hingga 1999.

Setidaknya, apa yang saya lakukan selama ini menjadi bukti, bahwa menjadi seorang buruh tidak harus menghilangkan sisi sosial kita. Menjadi buruh tidak harus menjadikan kehidupan kita luruh dalam hari-hari yang dipenuhi rutinitas tiada henti: hanya sebatas pergi dan pulang bekerja.

Dengan demikian, kita tidak lagi menjadi seperti yang digambarkan oleh Iwan Fals dalam syair lagunya, sebagai “robot bernyawa.” Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati saya mengajak Anda semua untuk bergabung dalam organisasi (sebagai buruh tentu lebih utama dengan bergabung dengan serikat buruh), agar kehidupan Anda menjadi lebih berarti. (Kascey)

 

BIODATA SINGKAT

Nama Lengkap:    Muhamad  Mustofa

Nama Panggilan:    Mustofa (Bung Mus)

Tempat Tanggal lahir:    Nganjuk, 15 Februari 1977

Alamat Rumah:    Perum Bukit Kemuning Blok C 1 No. 5. Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam. Kepulaaun Riau.

Keluarga:    Elis Sudariyanti (Istri), Nagita Naharotul Mustofa (Anak Pertama), Aishah Putri Mustofa (Anak Kedua), dan Hafiz Zaidhar Putra Mustofa (Anak Ketiga)

Hoby:    Seni Otomotif

Semboyan Hidup:    Hidup ini harus berarti

Politik:   Sebagai Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nomor Urut 8 di Daerah Pemilihan 3 Kota Batam (Sei Beduk, Nongsa, dan Bulang Galang).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *