Saat itu bulan Mei 2010.

Saya menghadiri Seminar dan Sosialisasi Jaminan Sosial di Hotel Dhaksina, Medan. Disela-sela kegiatan, saya berkenalan dengan Mbak Nani, Bung Syawal, dan Bung Baris Silitonga. Dari mereka bertiga, akhirnya saya bisa mengenal FSPMI lebih dalam lagi.

Jauh sebelumnya, sebenarnya saya sudah mengenal FSPMI melaui beberapa media.  Saya juga sempat mengenal FSPMI dari Arya, teman saya. Saya dan Arya, beberapa kali sempat berdiskusi tentang perkembangan FSPMI di Batam, Jawa Timur, Bekasi, Tangerang, dsb. Sebagai orang luar, saya melihat FSPMI merupakan serikat pekerja tingkat nasional yang kuat, mandiri dan konsisten dalam perjuangan kelas pekerja di Indonesia.

Pertemuan saya dengan kawan-kawan FSPMI di Hotel Dhaksina,  membuat saya gelisah. Ada keinginan yang kuat dalam diri saya untuk bergabung dengan FSPMI. Sementara, pada saat yang sama, saya masih menjabat sebagai Ketua Umum DPP Serikat Buruh Merdeka Indoesia. Sebuah serikat pekerja lokal, di Medan.

Saya dan beberapa anggota FSPMI Sumut. (Foto: Fb Willy)

Saya dan beberapa anggota FSPMI Sumut. (Foto: Fb Willy)


Namun, keinginan untuk berjuang dan bergerak bersama secara nasional, membuat saya sangat yakin untuk bergabung dengan FSPMI. Apalagi, sebenarnya, sudah sejak lama saua memiliki keinginan untuk bergabung dalam gerakan serikat buruh yang kuat dan mandiri. Berjuang dengan konsisten dan militan, sehingga ada manfaat yang nyata yang bisa dirasakan oleh anggota.

Hanya saja, FSPMI belum ada di Sumatera Utara. Jika kemudian saya memutuskan bergabung dengan organisasi ini, maka sejarah akan mencatat, bahwa inilah untuk pertamakalinya FSPMI mengepakkan sayapnya di SUMUT.

Saya terus membangun komunikasi dengan Mbak Nani, dari DPP FSPMI.

Hingga akhirnya, pada bulan Agustus 2010, saya diundang untuk berkunjung ke DPP FSPMI, di Jakarta Timur. Bersama dengan sahabat saya, Willy, kami berangkat ke Jakarta. Sebelum  dipertemukan dengan bung Said Iqbal Presiden FSPMI,  kami berdua diajak berkunjung ke PT. Kymko. Dimana pada saat itu, kawan-kawan di Kymko sedang memperjuangkan hak-haknya. Baru keesokan harinya, kami dipertemukan dengan Presiden FSPMI di sebuah tempat, di Cikarang.

Dalam pertemuan itulah, saya menyampaikan niat saya kepada bung Iqbal untuk bergabung dengan FSPMI. Setelah pertemuan itu, kami ke Sekretariat DPP FSPMI. Disana kami ditemui oleh Mbak Nani, Bung Syawal, dan Bung Yadun. Dalam pertemuan itu kami sepakat untuk membentuk Task Force FSPMI Sumatera Utara. Saya sebagai Ketua, dan Willy Agus Utomo sebagai Sekretaris, ditambah seorang anggota, Tony Rikson Silalahi.

Task Force yang dibentuk, diberikan waktu hingga bulan Desember 2010 untuk membentuk komposisi kepengurusan DPW FSPMI Provinsi Sumatera Utara.  Setelah SK Task Force berakhir pada bulan Desember 2010, di bulan Januari 2011, DPP FSPMI kembali mengeluarkan SK Task Force FSPMI SUMUT  yang kedua, dengan masa bhakti dari bulan Januari s/d Juni 2011.

Sejak adanya Task Force FSPMI SUMUT, kami sudah mulai aktif dalam kerja-kerja jaringan. Khususnya di dalam KAJS Sumater Utara dan aksi-aksi serikat pekerja di Sumatera Utara dengan mengatasnamakan FSPMI SUMUT.

Anggota FSPMI Sumatera Utara. Sosok bersahaja yang  memiliki semangat yang tinggi untuk berjuang.

Anggota FSPMI Sumatera Utara. Sosok bersahaja yang memiliki semangat yang tinggi untuk berjuang.

SK Defenitif DPW FSPMI SUMUT di keluarkan oleh DPP FSPMI pada tanggal 22 Juni 2011, dan berlaku hingga Juni 2012. Saya kembali dipercaya sebagai Ketua, Willy sebagai Sekretaris. Ditambah Wakil Ketua, Wakil Sekretaris dan Bendahara.

Kemudian pada bulan Juni 2012, DPP FSPMI kembali mengeluarkan SK Definitive dengan komposisi kepengurusa, Minggu Saragih (saya sendiri) sebagai Ketua dan Willy Agus Utomo sebagai Sekretaris, dengan periode kepengurusan dari tahun 2012 s.d Tahun 2016.

Saya akan menceritakan perkembangan FSPMI di Sumatera Utara, hingga saat ini.

Kabupaten Deli Serdang

Anggota FSPMI Sumatera Utara yang pertama adalah PUK SPAI FSPMI PT. Panji Wira Surya Mandiri, berada di Deli Serdang, yang  tercatat di Disnaker Kab. Deli Serdang pada bulan Januari 2012 dengan jumlah anggota 55 orang.

Disusul kemudian PUK SPAI FSPMI PT. Inkalko Angung Mulia,  PUK SPAI FSPMI PT. Masablok, PUK SPAI FSPMI PT. Samkarya Abadi (113 orang anggota), PUK SPL FSPMI PT. Antara Kusuma, PUK SPAI FSPMI PT. Green Continental Furniture (100 orang anggota), PUK SPAI FSPMI PT. Girvi Mas (103 orang anggota),PUK SPAI FSPMI PT. Delta Atlantik (63 orang anggota), PUK SPL-FSPMI PT. Asia Raya Foundry (100 orang anggota), PUK SPL FSPMI PT. Baja Raya (40 orang anggota), PUK SPAI FSPMI PT. Artha Global (30 orang anggota), PUK SPAI FSPMI PT. Maju Lestari Plastic (25 orang anggota), PUK SPAMK FSPMI PT. Bintang Sejahtera (25 orang anggota), PUK SPAMK FSPMI PT. Persahabatan (17 orang anggota).

Diluar yang saya sebutkan di atas, saat ini ada beberapa pekerja dari berbagai perusahaan lain yang ingin  bergabung dengan FSPMI. Misalnya kawan-kawan dari PT. Universal Gloves dan PT. Smart Gloves.

 

Kota Medan

Anggota FSPMI di Kota Medan antara lain: PUK SPAI FSPMI PT.  Asia Sakti Wahid Food (350 orang anggota); PUK SPAI FSPMI PT. Darmatama Indonesia; PUK SPAMK FSPMI PT. Jaya Baru Enginering.

 

Kabupaten Serdang Bedagai

Selain di Kab. Deli Sedang dan Kota Medan, FSPMI jugas sudah berkembang di Kab. Serdang Bedagai. Di Serdang Bedagai, kami berhasil membentuk beberapa PUK, yang melputi:  PUK SPAI FSPMI PT. PP. LONSUM Tbk (40 orang anggota); PUK SPAI FSPMI PT. SIDOJADI (11 orang anggota); dan PUK SPAI FSPMI PT. SUCOFINDO Tbk (25 orang anggota).

Tidak berhenti sampai disitu, kami juga membentuk Task Force Konsulat Cabang FSPMI Kota Siantar – Simalungun. Kami sangat yakin, FSPMI akan berkembang pesat di Sumatera Utara. Menjadikan daerah ini sebagai pusat gerakan serikat buruh, di pulau Sumatera. Semoga…

 

| Tulisan ini dibuat berdasarkan hasil wawancara tertulis melalui media online dengan Minggu Saragih


1 Comment

Minggu Saragih: “Kami Tidak Akan Pernah Berhenti Dalam Berjuang” · July 10, 2013 at 3:48 pm

[…] kemarin membahas perkembangan FSPMI di Sumatera Utara, sekarang mari kita bicara tentang keberhasilan FSPMI Sumatera Utara dalam melakukan pembelaan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *