Seorang peserta aksi sedang menyusuri jalanan Ibu Kota.

Seorang peserta aksi sedang menyusuri jalanan Ibu Kota.

Kususuri jalanan ini dengan sebuah keyakinan, bahwa satu saat nanti akan sampai pada tempat yang dituju. Tak masalah meskipun lelah menghampiri, karena kami sadar, tanpa menggerakkan kaki maka aku tak akan pernah sampai. Keyakinan itulah yang menuntun langkahku.

Jika saja aku tak seyakin ini, sudah barang tentu sejak dulu kami akan memutar arah. Buat apa berjalan tanpa kepastian pada tempat yang menjadi tujuan?

Sudah ratusan kali jalanan ini kususuri. Gedung DPR RI, Istana Negara, dan berbagai tempat dimana kebijakan dibuat pernah kami sambangi. Kami hendak memastikan jika apa yang menjadi tuntutan kami didengarkan. Oleh karenanya, aku merasa perlu untuk ikut hadir dan menyampaikan sendiri keinginanku. Tak boleh kutitipkan pada yang lain. Malu, jika untuk kepentinganku sendiri harus menitipkan pada yang lain.

Kemarin, 21 Oktober 2013, kami bergerak kembali ke DPR RI. Tuntutan kami masih sama dengan hari-hari sebelumnya: Upah Layak, jalankan jaminan kesehatan nasional per 1 Januari 2014, hapuskan outsourcing, dan sahkan UU PRT.

Dari DPR kami bergeser ke Istora Senayan. Disana kami mengikuti Dialog Kebangsaan, “Menggagas Indonesia Baru.” Banyak tokoh nasional yang hadir dalam Dialog Kebangsaan ini. Ada Ketua KPK Abraham Samad, Kepala Staff (TNI) Angkatan Darat Jenderal Budiman, Presiden KSPI Said Iqbal, Ketua HKTI Oesman Saota, Ketua Umum PGRI Sulistyo, Ketua Umum KADIN Rizal Ramli, Budayawan Setiawan Djodi, dengan moderator Bambang Hari Mukti.

Sore itu acara ditutup dengan pagelaran musik rakyat, Iwan Fals. Setidaknya semua rangkaian itu membawa asa baru bagi kami semua, bahwa harapan itu masih ada.

Semangat itulah yang terus bergerak dalam diriku, hingga saat ini. Perubahan itu bisa diwujudkan. Dari sini, aku bisa melihat itu.

Selamat pagi Indonesia baru! Semoga kan tercapai semua cita-citamu. (Kascey)

 

Categories: Aksi

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *