Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) menyelenggarakan Serial Diskusi Kerakyatan. Direncanakan, diskusi seperti ini akan diselenggarakan setiap Jum`at siang, dua minggu sekali. Berharap dari sini bisa didapatkan sebuah kesepahaman tentang pokok-pokok pikiran bersama mengenai Indonesia yang kita cita-citakan. Indoneasi yang lebih sejahtera dan adil buat semua.

Diskusi pertama diselenggarakan pada hari Jumat yang lalu (Tanggal 21 Maret 2014) bertempat di Sekretariat LBH Jakarta. Tema yang diambil dalam diskusi perdana ini adalah Investasi Vs Kedaulatan dan Kesejahteraan Rakyat. Menghadirkan tiga orang pembicara, Dr. Revrisond Baswir, Prof. Dr. Ina Primiana Syinar, SE. MT dan Ir. H. Said Iqbal., M.E.

Tema ini diambil, berawal dari sebuah keprihatinan, dimana pemerintah Indonesia lebih mengutamakan kepentingan investor di atas segalanya. Hal ini terbukti dengaan berbagai stimulus yang diberikan pemerintah untuk menumbuh kembangkan investasi & perbankan, khususnya investasi asing. Sehingga kesehatan investasi dan perbankan menjadi hal utama yang selalu diperhatikan pemerintah.

Masalahnya kemudian muncul, manakala Indonesia yang saat ini menjadi Negara terfavorit tujuan investasi Asia dengan peningkatan investasi tiap tahun tidak mampu menurunkan gini index dan jumlah penduduk miskin Indonesia. Harapan akan adanya peningkatan kesejahteraan dengan masuknya investasi hanyalah mitos belaka. Indikatornya jelas. Tingkat upah para buruh/ pekerja yang sangat rendah.

KNGB berpendapat, sudah saatnya pemerintah tidak lagi menjadikan buruh sebagai tumbal atas tercapainya angka-angka perekonomian. Buruh harus dipandang sebagai asset bangsa.

Investasi asing bukanlah satu-satunya nyawa bagi kelanjutan bangsa. Tambang, hutan, lautan, dan aneka kekayaan alam merupakan asset yang harusnya mampu menjadi modal besar bagi negera ini bangsa. Sumber daya manusia Indonesia jelas lebih berharga jika harus ditukar dengan upah murah dan sistem kerja yang tidak mewujudkan adanya kepastian. Buruh, petani, nelayan, dan bonus demografi pemuda merupakan investasi besar untuk mengelola seluruh sumber daya. Sehingga sudah saatnya kekayaan internal menjadi yang utama dan berhenti bergantung pada pihak asing.

Dan satu lagi, jangan lagi mengukur tingkat kesejahteraan hanya berdasarkan angka-angka PDB.

Dari sinilah semuanya berawal. Komite Nasional Gerakan Buruh (KNGB) menganggap perlu adanya kajian mendalam mengenai investasi, kedaulatan & kesejahteraan masyarakat. Sehingga dapat tercipta pemahaman-pemahaman serta solusi yang out of the box untuk membangun negeri ini. Ada tiga hal yang ingin kita lihat. Pertama, apa untung rugi adanya investasi asing? Kedua, apa saja sumber keuangan alternatif sebagai modal pembangunan nasional. Dan yang ketiga adalah, langkah strategis peningkatan kesejahteraan rakyat?

Jalannya diskusi ini tidak hanya kami abadikan dan disebarluaskan hanya melalui tulisan. Kami juga akan terus menyebarkan gagasan-gagasan ini melalui video (You Tube), tulisan dan gambar. Hingga akhirnya nanti, kami ingin membukukan gagasan-gagasan itu sebagai bentuk sumbang sih kami untuk Indonesia. Tujuannya, agar semakin banyak orang yang memahami, bahwa banyak cara untuk membuat Indonesia yang kita cintai ini menjadi lebih baik lagi.

Masalahnya, apakah para pemimpin negeri ini memiliki kepedulian untuk mewujudkan gagasan itu. Kita masih menunggu. Atau pada satu titik nanti, kita lah yang mewujudkan sendiri gagasan-gagasan itu.

Jika Anda tidak hadir dalam diskusi di Jum`at sore ini, jangan kecewa. Anda bisa menyaksikannya melalui link INI dan DISINI.

Ir. H. Said Iqbal, ME

Ir. H. Said Iqbal, ME

 

s

Prof. Dr. Ina Primiana Syinar, SE. MT

 

Dr

Dr. Revrisond Baswir

 

Para pembicara dan moderator dalam Serial Diskusi Kerakyatan yang diselenggarakan KNGB

Para pembicara dan moderator dalam Serial Diskusi Kerakyatan yang diselenggarakan KNGB


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *