Massa FSPMI, saat melakukan longmarc dari Gedung DPR menuju Istora Senayan untuk mengikuti Dialog Kebangsaan | Foto: Kahar S. Cahyono

Massa FSPMI, saat melakukan longmarc dari Gedung DPR menuju Istora Senayan untuk mengikuti Dialog Kebangsaan | Foto: Kahar S. Cahyono

Hari ini, 28 Oktober 2013, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, rangkaian aksi mogok nasional mulai dilakukan. Inilah hari yang sejak beberapa minggu lalu disebut oleh kaum buruh sebagai hari pertama mogok nasional. Hari dimana mesin-mesin pabrik akan dimatikan, dan jutaan buruh berbondong-bondong keluar dari perusahaan untuk melumpuhkan sendi-sendi ekonomi, hingga puncaknya nanti tanggal 30 Oktober s.d 1 November 2013.

Dalam siaran pers-nya, Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) menyampaikan bahwa aksi pra kondisi mogok kerja ini akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Karawang, dan daerah-daerah lain. Di Jakarta, aksi akan diikuti 5-10 ribu buruh di kawasan industri Pulo Gadung dan KBN Cakung. Disana, mereka akan melakukan mimbar bebas.

Sementara itu, buruh se-Bandung Raya (Kota Cimahi, Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Bandung) juga akan melakukan aksi di kantor Walikota Cimahi dan Bupati Bandung Barat. Dalam Aksi ini, tak kurang 50 ribu buruh akan ikut berpartisipasi.

Pada hari yang sama, 28 Oktober 2013, pada pukul 17.00 sore nanti,  3000 buruh Karawang akan menggelar aksi konvoi dan konsolidasi di GOR Karawang.

Buruh akan terus bergerak, hingga puncaknya pada tanggal 31 Oktober 2013 nanti, buruh secara serentak keluar dari pabrik-pabrik untuk melakukan pemogokan diseluruh nasional. (*)

Categories: Aksi

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *