Sumber Gambar: Internet
Sumber Gambar: Internet

Pembaca fspmi.or.id yang baik,

Kehadiran Web kebanggaan anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini memang belum lama. Kurang lebih empat bulan yang lalu, tepatnya pada Mei 2013, untuk pertamakalinya situs web kesayangan Anda ini mengudara. Sebagai sebuah media yang mendedikasikan dirinya untuk kepentingan kaum buruh – sekaligus mempublikasikan pemikiran dan kegiatan FSPMI – tentu kami masih harus terus berbenah. Kami akan terus melangkah….

Alhamdulillah, dari waktu ke waktu fspmi.or.id terus berkembang. Di usianya yang baru empat bulan, saat ini jumlah kunjungan ke web ini sudah mencapai 50 ribu per bulan.

Mengingat keanggotaan FSPMI saat ini tersebar di lebih dari 10 provinsi, tentu fspmi.or.id kesulitan untuk mempublikasikan kegiatan kawan-kawan disetiap provinsinya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami juga ingin mengundang kawan-kawan untuk meberikan dukungan dengan menyebarkan seluas-luasnya informasi yang ada di web ini dan sekaligus mengirimkan tulisan untuk dimuat.

Dalam kesempatan ini juga, kami ingin merayakan kehadiran website resmi organisasi FSPMI yang sederhana ini bersama Anda. Kami ingin menggiatkan budaya menulis dikalangan aktivis – dengan pena melawan penindasan – sehingga diharapkan akan semakin banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan perubahan. Tidak ada yang mahir disini, kita sama-sama belajar.

Caranya sangat mudah. Bagikan pengalaman Anda seputar serikat pekerja, dengan tema “Suka Duka Menjadi Anggota Serikat Pekerja”.  Misalnya, Anda bisa menulis tentang berbagai hal berhubungan dengan serikat; cerita tentang pertama kali Anda menjadi anggota FSPMI,  intimidasi terhadap pengurus, keberhasilan yang sudah dicapai, pengalaman paling berkesan, kisah saat bersolidaritas dan menangani kasus, bertemu jodoh ketika aktif diserikat, atau apa saja yang bisa dibagikan dan bias menginspirasi teman-teman yang lain.

Kisah yang kami anggap menarik dan memberikan inspirasi bagi orang lain akan dimuat di situs web ini serta. Kami menyediakan 5 (lima) buah buku memorial berjudul ‘Diary Anggota FSPMI’ karya Kahar S. Cahyono yang diterbitkan oleh Penerbit LeutikaPrio, Yogyakarta. Lengkap dengan tanda tangan penulisnya, yang akan langsung dikirimkan ke alamat Anda melalui pos. Sedangkan untuk 2 (dua) tulisan terbaik, selain mendapatkan buku, juga akan diterbitkan di Koran Perdjoeangan.

Tidak ada batasan umur, jabatan, posisi, atau lokasi untuk mengikuti event ini. Syaratnya hanya satu, anggota FSPMI. Anda juga boleh mengirimkan lebih dari satu kisah atau cerita. Penjurian para pemenang akan dilakukan oleh Tim Media FSPMI dan wartawan senior Koran Perdjoeangan.

Tulis cerita Anda dalam format Ms Word, spasi 1 dengan jumlah halaman maksimal 3 halaman ukuran A4. Jangan lupa judul untuk cerita atau kisah Anda dan kirimkan ke infokomburuh@gmail.com, berikut nama, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, Nama PUK, jenis kelamin, dan Nomor  Telp/HP.

Setiap cerita yang telah dikirim menjadi milik fspmi.or.id. Untuk cerita menarik yang diluar 5 (lima) besar, akan tetap kami diterbitkan.

Kami tunggu partisipasi dan kisah inspiratif Anda (batas akhir 30 September 2013).  Pengumuman pemenang 5 Oktober 2013 di web fspmi.or.id.

Terima kasih.

 

Salam,

Tim Media FSPMI

==================================
Diary Anggota FSPMI_web(1)Deskripsi Buku ‘Diary Anggota FSPMI’

(Penerbit: LeutikaPrio, Yogyakarta)

Kisah ke-59 orang pekerja atau buruh yang pernah berjuang dan menjadi bagian penting dari FSPMI ini barangkali tinggal cerita.

Akan tetapi, ibarat sebuah lentera, ia tetap menyala. Semangatnya tetap hidup dalam setiap hati yang cinta akan keadilan.

Kebersamaan yang indah.

Cita dan asa yang tak pernah pupus, meski berulangkali dihampiri prahara.

Kita memang tidak pernah bisa memprediksi hasil akhir, sebab itu di luar kewenangan kita.

Yang bisa kita lakukan adalah memastikan bahwa proses ini berjalan dengan sepenuh kemampuan kita, semaksimal yang kita bisa.

“Disini bukan tempat buruh malas Atau mereka yang biasa tidur pulas Disini tempatnya para pejuang Yang berjuang, demi keadilan.”

One Thought on “FSPMI.OR.ID Bagi-bagi Buku, Ceritakan Pengalamanmu!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *