Bandung, FSPMI – Buruh se-Jawa Barat kembali berunjuk rasa dengan mendatangi Kantor Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Senin (29/11/2021). Mereka meminta Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat agar menandatangani SK UMK 2022 yang telah direkomendasikan oleh Walikota dan Bupati dari tiap wilayah di Provinsi Jawa Barat.

Sebelum sampai ke Gedung sate para buruh sempat Longmarch dari Tol Purbaleunyi hingga gedung sate melalui Fly Over Jembatan Pasteur. Walau diguyur hujan para buruh terlihat tetap semangat hingga sampai di Gedung Sate. 

Hingga malam, sebagian buruh tersebut tetap bertahan meskipun di bawah guyuran hujan. Para buruh ingin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil segera mentandatangani SK UMK 2022.

Menurut info yang beredar, ternyata Ridwan Kamil tidak menerima Surat Rekomendasi tersebut dan malah dikembalikan ke tiap Kepala Daerah yang telah mengirimkan Surat Rekomendasi UMK 2022.

Sudah pasti hal tersebut sama saja dengan tidak adanya kenaikan UMK 2022 untuk seluruh wilayah di Jawa Barat. Hal ini membuat seluruh buruh yang mengetahui pengembalian Surat Rekomendasi menjadi meradang. 

“Ridwan Kamil Pengecut,” ucap salah satu peserta aksi geram dengan nada penuh amarah.

Hingga pukul 20.00 WIB sebagian buruh tetap bertahan dan kemungkinan mereka akan menginap, karena besok para buruh akan menggelar kembali aksi yang lebih besar. 

Buruh di Jawa Barat akan terus menggelar aksi unjuk rasa sampai Ridwan Kamil mau menandatangani SK UMK 2022. (Ocha)