Kebijakan Go Politik FSPMI harus terus menerus disosialisasikan. Setiap keraguan harus diyakinkan. Setiap pertanyaan harus diberikan jawaban dengan gamblang. Setiap dukungan harus di maksimalkan agar berbuah kemenangan. Ini penting, agar semua bisa memahami dan kemudian memberikan dukungan.

Politik itu identik dengan dukungan. Oleh karenanya, seberapa besar dukungan yang kita dapatkan, sebesar itulah kita memiliki kekuatan. Percuma memiliki gagasan besar terhadap suatu perubahan, tanpa dukungan politik untuk mewujudkan gagasan itu. Jika ingin sejahtera, tentu buruh juga harus ambil bagian sebagai penentu kebijakan itu.

Suasana Diskusi Politik di Bekasi, 17 Oktober 2013.

Suasana Diskusi Politik di Bekasi, 17 Oktober 2013.

Untuk memperbesar dukungan itu, ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan. Dalam diskusi Go Politik di Bekasi, malam Jum’at yang lalu, Handoko Wibowo menyampaikan 5 tahapan yang akan kita lalui untuk memastikan suksesnya agenda ini.

 

Pertama. Penentuan caleg dan partai

Tahapan ini sudah selesai, dan berhasil kita lalui dengan baik. Semula ada kekhawatiran, dalam tahap ini akan ada perpecahan. Akan ada kelompok yang tidak setuju dan kemudian menarik dukungan.

Nampaknya, kekhawatiran itu tidak tidak terbukti. Secara umum mereka memberikan dukungan terhadap kader yang dipilih organisasi untuk maju sebagai caleg kader buruh, termasuk dari partai mana mereka akan maju.

Lagi pula kita akan memilih orang, bukan partai.

Ketika buruh menjadi caleg, hal ini jangan dibaca, jika kita sedang membuat elit baru. Sama sekali tidak. Kita tidak sedang menjadikan mereka sebagai elit baru. Kita tidak sedang menjadikan mereka sebagai orang terhormat. Sesungguhnya kita hanya sedang memberikan tugas baru kepada mereka, untuk memperjuangkan kepentingan kita.

 

Kedua, pemenangan.

Tahap ini tengah berlangsung, sekarang. Disini kita menjelaskan kepada anggota dan masyarakat luas, mengapa perjuangan serikat pekerja harus menyentuh dimensi politik.

Bisa jadi, mereka belum mendukung karena memang belum paham. Oleh karena itu, kuncinya adalah memberikan pemahaman kepada mereka.

Kita boleh bangga sebagai serikat pekerja. Partai politik sekarang ini menabur uang untuk mendapatkan suara. Sementara kita punya anggota. Tinggal menghitung seberapa besar dukungan itu akan kita dapatkan. Dalam hitungan matematis, kita optimis akan menang. Tinggal bagaimana caranya, ia tidak hanya diatas kertas.

Tak boleh tidak, buruh harus memberikan dukungan terhadap kader buruh. Kalau ada masalah terhadap mereka, siapa yang menolong? Serikat pekerja, bukan?

Dan kekuatan serikat akan bertambah kuat, jika ada kadernya yang duduk sebagai anggota dewan juga ikut melakukan pembelaan.

 

Ketiga, pemilihan.

Tahap ini untuk memastikan, setiap anggota dan keluarganya ikut memilih secara benar. Tidak ada yang pulang kampung pada saat pemilihan. Semua bekerja ekstra untuk memastikan suara itu tidak berpindah kemana-mana.

 

Keempat, perhitungan.

Perhitungan suara juga menjadi tahap yang menentukan. Kita akan menempatkan relawan sebagai saksi hampir diseluruh TPS. Jangan sampai suara kita dicuri. Sebab jika itu terjadi, sia-sialah kerja kita selama ini.

 

Kelima, pengawalan.

Saat menjadi anggota DPRD/DPR, tentu harus ada mekanisme untuk memastikan mereka tidak berkhianat. Agar orientasi mereka untuk kepentingan kaum buruh, bukan sekedar untuk kepentingan pribadi.

Kesalahan anggota DPR saat ini, mereka terpisah dengan basis setelah jadi. Ini harus kita koreksi, dan tidak boleh terjadi di kita. Ingat, Go Politik adalah varian gerakan untuk mengawinkan gerakan parlementer dan ekstra parlementer. Jadi jangan keliru, hanya untuk kepentingan orang per orang tertentu.

Saya kira setiap anggota FSPMI harus mengetahui tahapan ini. Agar mereka bisa mempersiapkan diri dan kemudian ikut terlibat didalamnya. (Kascey)

 

:: Catatan ini merupakan rangkuman dari berbagai pemikiran dari Diskusi Go Politik yang diselenggarakan di Sekretariat PC FSPMI Bekasi. Kamis, 17 Oktober 2013..

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *