Tuban,FSPMI- Kabupaten Tuban, Daerah paling utara dari Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Dulunya adalah pelabuhan utama kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu pusat penyebaran Agama Islam oleh Walisongo.

Seiring jaman, Tuban kini berkembang pesat dan menjadi salah satu daerah industri di Jawa Timur. Beberapa perusahaan skala nasional maupun internasional, telah berdiri disana. Diantaranya adalah perusahaan rokok, pembangkit listrik, industri semen hingga perusahaan Petrokimia yang menghasilkan BBM dan bahan kimia.

Berbicara tentang organisasi serikat pekerja yaitu Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Tuban. Awalnya, FSPMI lahir dari organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang kala itu memperjuangkan rekrutmen tenaga kerja di wilayah ring 1 semen Indonesia.

Setelah perjuangan rekrutmen berhasil hingga bisa masuk kerja, barulah mereka terpikirkan perlindungan hak-hak pekerja yang telah bekerja tersebut. Maka dipilih dan dibentuklah serikat pekerja FSPMI yang dianggap bisa memperjuangkan dan melindungi hak kaum buruh.

Menandai berdirinya FSPMI di Tuban, dalam agenda Musyawarah Unit Kerja pertama Persatuan Pekerja PT. Semen Indonesia (PP PT.SI) di Hotel Mustika Tuban (22/11/2020). PUK PP PT. SI pun terinspirasi mengangkat tema, “Bergerak, Bersatu, Menyongsong Perubahan Demi Kesejahteraan Anggota”.

Dalam Musnik I kali ini, Kacung Eko Yuwono, terpilih menjadi ketua PUK PUK PP PT.Semen Indonesia periode 2020-2023. Adapun susunan lengkap kepengurusan sebagai berikut :

Ketua : KACUNG EKO YUWONO
Wakil Ketua Bidang I : ANTOK
Wakil Ketua Bidang II : RUDI ALI ROHMAN
Wakil Ketua Bidang III : GAGUK YULIANTO
Wakil Ketua Bidang IV : SUWARNO
Wakil Ketua Bidang V : HERMUDI
Wakil Ketua Bidang VI : AHMAD FAIZIN
Sekretaris : HARTOYO
Sekretaris Bidang I : ENDI WAHYUDI
Sekretaris Bidang II : DAHLAN
Sekretaris Bidang III : M KARSONO
Sekretaris Bidang IV : SHOKHIBUSY SYAEFI
Sekretaris Bidang V : SYAI’IN NUR KHALIM
Sekretaris Bidang VI : M ZAINUDIN
Bendahara : MANGUN SUDIRO

Seusai acara Musnik, dilantik pula jajaran Pengurus Pimpinan Cabang yang tergabung dalam sektor Serikat Pekerja Aneka Industri. Pimpinan Pusat SPAI akhirnya menetapkan Duraji sebagai PC SPAI Tuban, yang juga tengah menjabat sebagai Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tuban.

Dalam keterangan persnya, Duraji menilai Tuban berpotensi besar menjadi pusat perdagangan dan perindustrian seperti jaman dahulu. Menurutnya hal itu perlu dikawal dan diarahkan, agar masyarakat dan kaum buruh tidak sekedar menjadi penonton atau kacung dari investasi dan globalisasi.

Di Tuban sendiri, FSPMI cukup dikenal masyarakat dan berkembang dengan baik. Gerakan Konsep, lobby dan aksi, mulanya dianggap hal yang tidak biasa di Tuban. Aksi demontrasi kadang malah jadi tontonan. Namun dengan komitmen dan usaha yang sungguh-sungguh, saat ini setidaknya ada 11 PUK di Tuban. FSPMI juga telah memiliki keterwakilan yang duduk dalam Dewan Pengupahan Kabupaten.

Saat pelantikan jajaran pengurus, PP SPAI yang diwakili oleh Aulia Hakim dan Eka Hernawati, menekankan betapa pentingnya berorganisasi, menjaga semangat dan marwah pergerakan, sehingga apa yang di cita-citakan dapat terwujudkan.

Kiprah FSPMI di bumi Ronggolawe sangat ditunggu oleh masyarakat terutama kaum buruh. Tuah FSPMI diharapkan mewarisi perjuangan Ronggolawe yang begitu teguh dan militan dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat Tuban.

Kontributor Mojokerto
Suwanto/Mas Iip