Siaran Pers Aksi Unjuk Rasa Karyawan PT. Indofarma Tbk

Posted by
Share Button

Siaran Pers Aksi Unjuk Rasa Karyawan PT. Indofarma Tbk

demo buruh indofarma (ft : Day Xaveria)

demo buruh indofarma (ft : Day Xaveria)

Pada hari ini kamis, 04 Juli 2013 kami SPAI FSPMI Kab./Kota Bekasi melakukan Aksi Unjuk Rasa di salah satu perusahaan BUMN yaitu PT. Indofarma Tbk yang beralamat di jl. Indofarma No.1 Cikarang Barat Kab. Bekasi. Terkait pernasalahan Outsourcing, Pekerja Harian Lepas yang melanggar UU No.13 Th. 2003.

PT. Indofarma Tbk memproduksi obat-obatan generik seperti antalgin, paracetamol, dll..
Sangat Ironis perusahaan BUMN ini ternyata masih melakukan praktek Outsourcing dan pekerja harian lepas tidak sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan Republik Indonesia.
Jadi sekarang telah terjawab sudah kenapa perusahaan Korea, China, bahkan Perusahaan Jepang pun melanggar UU Ketenagakerjaan karena Perusahaan Negara (BUMN) mengajarkan mereka untuk melanggar UU.

Para pekerja yang tergabung dalam PUK SPAI FSPMI PT. Indofarma yang telah resmi tercatat di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi dengan nomor bukti pencatatan 1344/CTT.250/X/2012 tertanggal 24 Oktober 2012.

Mereka telah melaporkan ke pihak Pengawas Disnaker Kab. Bekasi yang berisikan yaitu terjadi status pekerja OS dan PHL yang akhirnya pihak Pengawas Disnaker Kab. Bekasi melakukan SIDAK ke PT. Indofarma Tbk dan akhirnya mengeluarkan Surat Nota Dinas Pengawasan yang berisi bahwa Pekerja OS dan PHL PT. Indofarma Tbk diubah status kerjanya menjadi PEKERJA TETAP PT. Indofarma Tbk.

Akan tetapi pihak perusahaan BUMN ini tidak mau menjalankan isi Nota Dinas Pengawas Disnaker Kab. Bekasi. Akan tetapi walaupun perusahaan Negara ini tidak menjalankan isi Nota Dinas, tidak ada tindak lanjut dari Dinas Tenaga Kerja Kab. Bekasi hingga saat ini.
Tidak berhenti sampai disitu perjuangan pekerja PUK SPAI FSPMI PT. Indofarma Tbk terus mengadukan ke Kantor BUMN, KEMENAKERTRANS, KOMISI IX DPRRI, DPRD dan Bupati Kabupaten Bekasi. Lagi-lagi pengaduan mereka hanya mendapatkan isapan jempol belaka.

Kini mereka sudah 8 bulan tidak lagi mendapatkan Upah dari PT. Indofarma Tbk hingga yang sangat menyedihkan adalah salah satu pekerja wanita anggota PUK SPAI FSPMI PT. Indofarma berniat ingin menjual Ginjalnya untuk dapat menghidupi keluarganya hingga akhirnya salah satu statiun Tv swasta (TV-One) membuat film Dokumenter Pergerakan Buruh yang di siarkan pada 1 Mei kemarin yang ditonton oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sangatlah wajar perjuangan mereka tidak kenal lelah karena telah bertahun-tahun hingga ada yang sudah bekerja 20th membesarkan Perusahaan BUMN ini.

Maka dari itu kami SPAI FSPMI Kab./Kota Bekasi yang beranggotakan 107.498 anggota akan melakukan Reaksi hingga ada penyelesaian permasalahan Ketenagakerjaan di perusahaan Negara BUMN PT. Indofarma Tbk.

Terimakasih
Bekasi 04 Juli 2013
M. Nurfahroji
PC SPAI FSPMI Kab./Kota Bekasi