Peran Media yang sangat kuat sebagai pembentuk pola pikir ( images : google )
Peran Media yang sangat kuat sebagai pembentuk pola pikir ( images : google )

Geliat gerakan serikat pekerja menuntut perbaikan hidup pekerja dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini sangat massif, hampir setiap saat kita dengar beritanya di televisi , media cetak dan media online.  Banyak capaian penting yang diraih oleh gerakan serikat pekerja selain berupa perbaikan taraf hidup dengan kenaikan upah, gerakan serikat pekerja juga adalah motor terciptanya sistem jaminan sosial nasional yang sekarang lebih di kenal dengan  BPJS Kesehatan.

Namun patut disayangkan berita dan opini yang ditayangkan sangat memojokan gerakan serikat pekerja, pemberitaan lebih banyak menyoroti sisi negatifnya berupa macet, menganggu ketertiban, anarkis dll sehingga stigma di masyarakat adalah buruh=bikin rusuh.

Melihat fenomena tersebut maka pada Sabtu 22 Maret 2014 Tim Media FSPMI  melakukan pelatihan mengenai menulis dan sosial media sekaligus pembentukan tim media FSPMI daerah Bekasi sebagai cikal bakal tim media daerah lain yang selain berfungsi mengumpulkan dokumentasi juga sebagai penyeimbang opini negatif tersebut.

Pendidikan tim media Bekasi ( foto : Jaket Ijo )
Pendidikan tim media Bekasi ( foto : Jaket Ijo )

Acara yang di fasilitasi oleh KC ( konsulat cabang ) FSPMI Bekasi ini di ikuti oleh 12 peserta.Pada pelatihan ini peserta di kenalkan mengenai media cetak dan online yang dimiliki organisasi, tujuan dan ruang lingkup kerja tim media serta panduan dasar dalam menulis.

Pada akhir pelatihan peserta mendapatkan pekerjaan rumah berupa menulis pengalamannya mengenai Rumah Buruh.Rencananya tulisan yang terkumpul dari peserta akan di terbitkan menjadi sebuah buku.

Setelah ini agenda berikutnya adalah pembentukan tim media daerah di Jawa Timur, Batam, Purwakarta dan daerah lain yang menjadi basis FSPMI (gue)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *