Said Iqbal Terpilih Menjadi Anggota Governing Body ILO

Presiden FSPMI-KSPI Said Iqbal

Berlin , FSPMI.  Setelah sebelumnya sempat terjadi perdebatan alot, akhirnya Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)  sekaligus Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dipastikan menjadi anggota Govening Bodi ILO, untuk periode 2015 – 2017. Kepastian ini tercapai dalam Sidang ILO di Swiss.

Sebelumnya pada April 2014 saat Kongres ITUC (Konfederasi Serikat Pekerja Internasional) di Berlin, Jerman, sempat tersiar kabar jika Said Iqbal batal diangkat sebagai anggota Governing Body ILO disebabkan pilihan politiknya yang mendukung Prabowo dalam Pilres tahun ini. Menurut ITUC Prabowo merupakan pelanggar HAM. Namun faktanya hingga hari ini tidak ada satupun bukti yang bisa membuktikan hal tersebut.

Sebenarnya pihak KSPI sudah mencoba untuk menjelaskan kepada ITUC terkait tuduhan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan tersebut. Karena faktanya semua berita yang beredar baik di Indonesia maupun di dunia Internasional terkait pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Prabowo masih sebatas rumor yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Prihanani dari KSPI, saat itu ikut menyayangkan keputusan ITUC dan sikap ITUC yang tidak mau mendengar penjelasan KSPI terkait masalah ini. ITUC tetap bersikeras untuk membatalkan keputusan pengangkatan Said Iqbal menjadi anggota Governing Body ILO. Walaupun sebenarnya Said Iqbal merupakan calon kuat untuk menjadi anggota governing body ILO.

Said Iqbal Bersama Jirky Raina ( http://www.radarjakarta.com )
Said Iqbal Bersama Jirky Raina ( http://www.radarjakarta.com )

Menurut Prihanani, keputusan ITUC tersebut mengundang pertanyaan besar dalam sidang ILO. Mereka mempertanyakan atas dasar apa ITUC membatalkan rekomendasi tersebut. Pertanyaan tersebut diajukan oleh banyak serikat pekerja besar didunia, seperti oleh FNV Belanda dan serikat pekerja dari Jepang. Bahkan Industri ALL sebagai serikat pekerja terbesar didunia ikut mempertanyakan keputusan tersebut.

Banyaknya dukungan kepada Said Iqbal untuk menjadi Governing Body ILO akhirnya memaksa sidang ILO merevisi keputusan ITUC yang membatalkan pengangkatan Said Iqbal menjadi Governing Body sekaligus memastikan mulai Januari 2015 Said Iqbal akan menjadi Governing Body ILO hingga tahun 2017.

Hingga akhirnya sidang ILO memutuskan mulai 1 Januari 2015, Said Iqbal diangkat menjadi anggota Govening Bodi ILO. Pun demikian dalam sidang ILO tersebut masih ada beberapa keputusan yang msih menimbulkan pertanyaan.

Organisasi Buruh Internasional (bahasa Inggris: International Labour Organisation, disingkat ILO) adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I. Organisasi ini menjadi bagian PBB setelah pembubaran LBB dan pembentukan PBB pada akhir Perang Dunia II.

Walaupun Indonesia secara resmi menjadi anggota/member states tahun 1950, akan tetapi baru tahun 2011 atau hampir 61 tahun keanggotaan, Indonesia baru berhasil menjadi Deputy Member Governing Body ILO secara tripartite atau bersamaan keterwakilan 3 unsur perwakilan yaitu unsur pemerintah, unsur pengusaha dan unsur buruh. *Msk*