Pada May Day, Buruh Akan Tentukan Dukungan Capres Pilihannya

Said Iqbal , Presiden FSPMI / KSPI

Said Iqbal , Presiden FSPMI / KSPI

KSPI, May Day tahun ini buruh akan jadikan momentum untuk menentukan Calon Presiden yang sesuai dengan kriteria Buruh yang akan di dukung dalam Pilpres nanti.

Tetapi, kaum buruh juga akan menekankan, dukungan yang akan diberikan oleh buruh metal kepada Capres bukan hanya berdasarkan popularitas, hasil lembaga survey,karena tegas, ataupun karena kaya raya tetapi dukungan buruh akan diberikan berdasarkan kriteria dan isu Buruh kepada capres yang secara tegas dan terbuka (kontrak politik) mau menjalankan kriteria dan isu yang diminta oleh kaum buruh tersebut.

Adapun isu May Day tersebut adalah :

1. Naikkan upah minimum 2015 sebesar 30 % dan Revisi KHL menjadi 84 Item.

2. Tolak Penangguhan Upah Minimum

3. Jalankan Jaminan Pensiun Wajib bagi buruh pada Juli 2015.

4. Jalankan Jaminan Kesehatan seluruh rakyat dengan cara cabut permenkes 69/2013 tentang tarif, ganti INA CBG’s dengan Fee For Service, audit BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

5. Hapus Outsourcing, khususnya Outsourcing di BUMN.

6. Sahkan RUU PRT dan Revisi UU Perlindungan TKI.

7. Cabut UU Ormas ganti dengan RUU Perkumpulan.

8. Angkat Pegawai dan guru Honorer menjadi PNS, serta subsidi Rp 1 Juta per orang/per bulan dari APBN untuk Guru Honorer.

9.Sediakan Transportasi Publik dan perumahan Murah untuk Buruh.

10. Jalankan Wajib belajar 12 Tahun dan bea siswa untuk anak Buruh hingga Perguruan Tinggi.

Tentunya kesepuluh isu tersebut harus dilaksanakan secara bertahap paling lama 1- 2 tahun oleh pemerintah yang baru.

Kita juga menginginkan nantinya pada tahun pertama pemerintahan, Isu pertama yang harus dipenuhi adalah, memastikan pemerintah yang baru tidak pro upah murah dengan cara merubah KHL menjadi 84 Item, memastikan setiap buruh wajib mendapatkan jaminan pensiun pada 2015, memastikan Outsourcing BUMN dihapus di 2015, dan memastikan subsidi APBN 1 Juta untuk guru honor secara bertahap.

Untuk itu nantinya, May Day di Jakarta akan dipusatkan di Istana Negara dan dilanjutkan perayaan May Day Fiesta di Gelora Bung Karno yang akan dihadirkan oleh 120 ribu buruh se- Jabodetabek.

Terima Kasih

Said Iqbal
Presiden KSPI

http://www.kspi.or.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *