PUK SPL FSPMI PT. Karya Mandiri Gelar Pendidikan Keorganisasian dan Advokasi

PUK SPL FSPMI PT. Karya Mandiri Sepakat pendidikan keorganisasian dan advokasi

Tangerang, FSPMI – Minggu, 26 Februari 2017, bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kadu Jaya, Cisereh Kabupaten Tangerang, sebanyak 31 orang peserta yang berasal dari anggota PUK SPL FSPMI PT. Karya Mandiri Sepakat mengikuti acara pendidikan keorganisasian dan advokasi yang diadakan oleh Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPL FSPMI) PT. Karya Mandiri Sepakat.

Pendidikan ini diselenggarakan dengan dana swadaya dari anggota.

Baca juga: FSPMI Batam Optimis 20 Ribu Anggota Akan Memperoleh Pendidikan Dasar Dalam Setahun

Tidak dipungkiri, pendidikan keorganisasian dan advokasi sangat penting diadakan. Seperti diketahui, selama ini ketika buruh diajak untuk berorganisasi atau berserikat selalu merasa takut. Salah satu bebanya, mereka tidak mengetahui dasar-dasar hukum berserikat. Bahwa menjadi anggota serikat adalah hak buruh dan dilindungi oleh hukum.

Turut hadir dalam pendidikan ini adalah pengurus Pimpinan Cabang SPL FSPMI Tangerang yang menjadi mentor dalam pendidikan tersebut, Joko Witono (Kabid Pendidikan), Zaenudin (Wakabid Pendidikan), Sopiyudin Sidiq (Kabid Advokasi) dan Jejen Mustopa (Sekbid Organisasi). Serta turut hadir pula Sekretaris PC SPL FSPMI Tangerang Kristian Lelono. Di sela-sela acara memberikan motivasi dan pencerahan kepada para peserta pendidikan.

Baca juga: Pendidikan Dasar FSPMI Deli Serdang Tahap 2 Diselenggarakan

Baca juga: FSPMI Semarang Selenggarakan Pendidikan Dasar Advokasi

Dijelaskan oleh Joko Witono, bahwasanya masih banyak perusahaan yang “membandel” atau tidak sesuai dengan segala aturan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam memberikan upah terhadap para pekerja.

Seperti yang diketahui bahwasanya Pemerintah juga masih lalai dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan khususnya Dinas Ketenagakerjaan.

Penulis: Rohidayat
Photo: Aisyah