Peserta longmarch Lampung - Jakarta sudah memasuki Cilegon | Foto: Gusril

Peserta longmarch Lampung – Jakarta sudah memasuki Cilegon | Foto: Gusril

Jam menunjukkan pukul 03.30 WIB, ketika peserta longmarch yang berangkat dari Lampung tiba di pelabuhan Merak, Banten. Di Merak, mereka disambut ratusan buruh yang berasal dari Banten.

Pagi itu, ketika mereka bertemu, suasana menjadi syahdu. Perjumpaan ini, serasa seperti kawan dekat yang sudah lama tidak bertemu. Mereka berjabat tangan hangat. Sangat erat.

Perjumpaan dengan kawan seperjuangan selalu menyenangkan. Mereka tidak saling mengenal. Tetapi mereka satu hati. Memiliki rasa yang sama. Juga sikap yang sama. Apalagi, mereka dipertemukan dengan harapan dan cita-cita: menolak PP Pengupahan, yang secara struktural berpotensi memiskinkan kaum buruh.

Satu barisan. Satu tujuan. | Foto: Taufik

Satu barisan. Satu tujuan. | Foto: Taufik

Peserta longmarch berasal dari berbagai daerah | Foto: Kamal

Peserta longmarch berasal dari berbagai daerah | Foto: Kamal

Setelah beristirahat dan sholat Shubuh, pukul 05.00 WIB longmarch dilanjutkan. Rombongan dibagi tugas. Tim pejalan kaki, tim petisi, dan tim medis. Hampir seluruh serikat buruh bergabung dalam misi ini: FSPMI dengan Garda Metal-nya, KASBI dengan Bara KASBI-nya, FSPKEP dengan Gren Force-nya, SPN, FSBKS, dan elemen-elemen yang lain.

“Memaskui kawasan industry Krakatau Steel, kami disambut hujan,” kata Gusril, salah satu pimpinan Garda Metal. Tetapi hujan tidak membuat langkahnya terhenti. Mereka tetap melangkah.

Longmarch ini telah menautkan hati kaum buruh, di berbagai daerah. Mereka yang tidak ikut longmarch memberikan sambutan di sepanjang jalan. Beberapa diantaranya menyumbang sejumlah uang. Seperti yang dilakukan perusahaan automotif yang berlokasi di Balaraja, mereka memberikan dana solidaritas sebesar 7,2 juta.  Dana ini hasil ngecrek dari seluruh karyawan.  (*)

Hujan bukanlah halangan. Terus melangkah. Terus bergerak. | Foto: Gusril

Hujan bukanlah halangan. Terus melangkah. Terus bergerak. | Foto: Gusril

Categories: Kabar Anggota