FSPMI, Surabaya 15/08/2015 – Berlokasi di kawasan Industri Berbek ,digelarlah Jalan Sehat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70. Penyelenggaranya adalah Konsulat Cabang FSPMI Surabaya yang merupakan Salah satu serikat yang sangat konsen terhadap kesejahteraan buruh di Indonesia.

11889603_670420243094651_8448221095329914013_n

Rangkaian acara tersebut membawa tema “AYO BERJUANG” ,dibuka secara langsung oleh Ketua KC FSPMI SURABAYA -Doni Ariyanto,dimana dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa “Bagaimanapun kita harus menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan dan semakin semangat untuk berjuang mewujudkan kesejahteraan rakyat” .Seusai memberikan sambutan dilakukan penyerahan bendera FSPMI kepada pemimpin jalan sehat sebagai simbol pemberangkatan.

11885247_670420139761328_5137892506791401278_n

Antusiasme anggota sangat terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir hari ini. 1200 lembar kupon jalan sehat yang disediakan oleh panitia habis terjual dengan harga Rp 3000 per kupon.mereka tidak memikirkanlagi besaran nilai hadiah ,namun semangat kebersamaan untuk ikut memeriahkan HUT RI menjadi alasan utamanya mengikuti acara ini.

Tidak hanya datang sendiri ,para peserta yang kebanyakan adalah anggota ini juga mengajak keluarga untuk datang .seperti diungkapkan oleh Nuruddin selaku SEKJEN KC FSPMI SURABAYA “Memang latarbelakang dari acara ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antar anggota dan keluarga dengan pengurus dan secara tidak langsung juga kepada masyarakat.karena cap Tukang Demo sudah melekat di FSPMI maka dengan adanya acara ini diharap bisa sedikit merubah citra tersebut.

Di dalam wawancara kami bersama ketua panitia –Supriyadi mengatakan bahwa sumber dana berasal dari Dana Operasional KC(Konsulat Cabang) dan PC(Pengurus Cabang) ditambah donasi dari anggota yang punya sumber pendapatan lebih serta hasil penjualan kupon jalan sehat,dia mempertegas bahwa tidak ada sumber dana lain selain dari organisasi.

fspmi surabaya

Dari dana yang terkumpul mampu dipakai pembiayaan acara dan hadiah hadiah yang berjumlah hampir 200 item,dengan hadiah terbesar yakni LED TV dan terkecil berupa Kaca mata .

Rute jalan sehat sejauh 5 KM dengan start dan finish di Omah Perjuangan (OP) .rute ini sedikit dipersingkat dari rencana awal karena disaat perencanaan belum memikirkan bahwa yang menjadi peserta bukan hanya anggota yang sudah terbiasa longmarch namun juga ada anggota keluarga yang masih balita.selain itu untuk menjaga stamina karena setelah jalan sehat akan di adakan juga berbagai perlombaan.

Banyak yang mengira bahwa jalan sehat ini adalah aksi demontrasi karena tidak adanya alat peraga yang bertuliskan jalan sehat ,hanya bendera F SPMI dan bendera Merah Putih di barisan terdepan .
Sesampainya di finish maka panitia mengadakan Pengundian hadiah yang berlangsung hingga pukul 14.30 Wib karena proses pengundian ini diselingi dengan lomba lomba.Sedangkan yang beruntung mendapatkan hadiah utama adalah Maman ( tim media FSPMI JAWA TIMUR).

Apakah acara berakhir ? ternyata tidak, karena panitia penyelenggara sudah menyiapkan seekor kambing untuk disembelih dan di masak untuk disantap bersama sama.acara pun berlanjut.
Hari ini FSPMI SURABAYA mampu membuktikan bahwa Serikat Buruh bukanlah “pembuat onar” mereka juga rakyat yang cinta terhadap tanah airnya.karena tidak saja mengadakan acara jalan sehat dan lomba lomba namun mereka juga akan mengadakan Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2015 untuk memperingati hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. ((anam/maman/tim media fspmi jawa timur).)