Pimpinan Cabang (PC) SPAI FSPMI Kota Surabaya mengadakan Agenda pendidikan Pendidikan Lanjutan Keorganisasian

Surabaya,FSPMI – Pimpinan Cabang (PC) SPAI FSPMI Kota Surabaya mengadakan Agenda pendidikan Pendidikan Lanjutan Keorganisasian dengan tema “Mewujudkan Kemandirian Anggota Dalam Berorganisasi “. Cuaca yang sejuk di Sabtu pagi ,20 November 2021 membuat nyaman suasana Pendidikan Lanjutan di Chicu Fried Chicken ,jalan Kupang Jaya 33 Surabaya.

Pendidikan Lanjutan adalah jenjang pendidikan yang dilaksanakan setelah peserta menempuh Pendidik Dasar sebelumnya.Agenda Pendidikan Lanjutan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, Sabtu dan Minggu (20-21 November 2021) secara full day yang dimulai pukul 9.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB yang diikuti oleh 25 peserta.

Peserta berasal dari 10 PUK SPAI Kota Surabaya yakni PUK Adhibaladika Agung, PUK Deverindo Indograha Raya, PUK G4S Security Services, PUK Prosam Plano, PUK Atlantic Biruraya, PUK Enam Jaya, PUK Fast Food Indonesia, PUK ISS Jatim, PUK Ultra Prima Abadi, PUK Tunjungan Crystal Hotel, dan 2 PUK SPAI Kabupaten Sidoarjo yakni PUK Leef Esens Flora dan PUK Triteguh Manunggal Sejati serta beberapa Pengurus dari PC SPAI Kota Surabaya.

Dalam sambutannya, Supriyadi selaku Ketua PC SPAI FSPMI Kota Surabaya menyampaikan bahwa demi mewujudkan kemandirian anggota perlu diadakan program pendidikan . Dengan adanya pendidikan baik secara formal di kelas maupun dengan diskusi secara santai, diharapkan peserta lebih paham dalam berorganisasi sehingga bisa diciptakan kaderisasi yang sudah siap di masa mendatang.

Hadir dalam agenda Pendidikan Lanjutan, beberapa pengurus dari Pimpinan Pusat SPAI FSPMI yakni, Nur Mubin selaku Ketua Bidang Pendidikan, Agus Riyanto selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi, Koco Prasetyo selaku Ketua Bidang Infokom dan Aksi, Berhard Situmea selaku Wakil Ketua Bidang Advokasi, dan Amrizal selaku Ketua Bidang Organisasi.

Serikat Pekerja adalah organisasi yang kompleks, tidak bisa disamakan dengan organisasi lainnya bahkan sebuah Partai Politik.

Untuk mencapai segala sesuatu yang kompleks tersebut, maka perlu diadakannya Program Pendidikan bagi anggota.

Bicara pendidikan adalah bicara tentang sistem, yakni penyampaian dari materi dan adanya diskusi. Ada Materi, ada Trainer, dan ada Peserta adalah syarat diadakannya agenda pendidikan.
Dengan kemauan dan kesadaran yang tinggi dari anggota untuk belajar dalam Program

Pendidikan, maka akan menambah wawasan anggota itu sendiri demi kemajuan organisasi.
Materi pendidikan lanjutan terbagi atas 5 sesi, yakni ;
1. Serikat Pekerja dan Organisasi
2. Administrasi dan Kesekretariatan
3. Manajemen Keuangan Serikat Pekerja
4. Analisis SWOT
(strength , weakness, opportunities, threats)
5. Permusyawaratan Organisasi

Materi pendidikan lanjutan yang langsung disampaikan oleh Nur Mubin juga membahas tentang teknik perundingan , “Dalam sebuah perundingan, ada beberapa hal yang menjadi pegangan bagi anggota, yakni Kepentingan,Kemanusiaan, Sosial dan Undang-Undang”, kata pria yang akrab di panggil Pakde ini.

3 hal terpenting dari hasil perundingan antara Serikat Pekerja dengan Pihak Perusahaan terhadap fasilitas Serikat Pekerja adalah :
1. Pemotongan COS (Check of System) melalui payroll atau sistem penggajian ;
2. Diberikannya ruang Kesetariatan bagi Serikat Pekerja; dan
3. Adanya PKB (Perjanjian Kerja Bersama) di Perusahaan.

Sesi terakhir Pendidikan Lanjutan hari pertama ditutup dengan membuat tugas atau praktek dalam membuat rancangan anggaran pengeluaran belanja organisasi atau budgeting anggaran di internal PUK ( Pimpinan Unit Kerja) masing-masing.

(Maynang Suhartanto)