Mari kita bicara tentang perkembangan FSPMI di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Buruh Bintan, dalam sebuah aksi kenaikan UMK Tahun 2013 yang lalu

Buruh Bintan, dalam sebuah aksi kenaikan UMK Tahun 2013 yang lalu

Kesulitan mengorganisiri pekerja di Bintan adalah kurangnya kesadaran buruh untuk berorganisasi. Apalagi kebanyakan dari mereka masih takut menjadi anggota Serikat Pekerja,” Parlindungan menuturkan kesulitan yang dihadapinya untuk mengorganisir pekerja di Bintan.

Kesulitan itu tak membuat Parlindungan dan kawan-kawan di Bintan patah semangat. Terbukti, perkembangan FSPMI di Bintan saat ini cukup membanggakan. Beberapa PUK yang saat ini tergabung dengan FSPMI antara lain: PUK AMC, PUK YEB, PUK CCI, PUK SEI, PT. Pulau Bintan Djaya, dan PT. Tirta Madu.

Dengan kekuatan anggota yang ada saat ini, Parlindungan bertekad akan memperjuangkan terwujudnya upah layak buruh Bintan. Ia berharap, kenaikan upah secara signifikan akan dirasakan buruh Bintan saat penetapan UMK 2014 nanti.

Jika pemerintah dan pengusaha tidak bersedia?

Kami akan merebutnya,” ujar Parlindungan tegas, sambil mengepalkan tangan.

Kegiatan kesekretariatan FSPMI Bintan dipusatkan di Jalan Indunsuri (Ruko Subur) Lobam. Ditempat inilah berbagai strategi perjuangan didiskusikan. Tempat ini terbuka bagi siapa saja. Khususnya bagi kawan-kawan buruh di Bintan, yang hendak berdiskusi atau sekedar ingin tahu tentang hak-hak kita sebagai pekerja/buruh.

Parlindungan berharap, sebagai gerakan buruh yang lahir paska reformasi, FSPMI menjadi kuat dan kompak didalam mengorganisir gerakan perjuangan buruh. Salah satu kuncinya adalah dengan memperbanyak jumlah anggota. Tidak hanya jumlah anggota yang diperbanyak, tetapi kuantitas dan kualitas anggota dalam ikut memperjuangkan cita-cita organisasi harus terus ditingkatkan.

Oleh karena itu, FSPMI harus terus-menerus memperbanyak pendidikan kepada kader-kadernya, hususnya pendidikan advokasi. Disamping melibatkan mereka dalam lokakarya, seminar atau workshop perburuhan.

Artikel Terkait:

Mengenal Lebih Dekat, Parlindungan Sinurat

Parlindungan Sinurat: “Jangan Berhenti Berbuat Baik”

Parlindungan Sinurat: Berjuang Untuk Upah Layak


2 Comments

Mengenal Lebih Dekat, Parlindungan Sinurat · July 17, 2013 at 12:05 pm

[…] Parlindungan Sinurat: Berjuang Untuk Upah Layak […]

Parlindungan Sinurat: “Jangan Berhenti Berbuat Baik” · July 18, 2013 at 7:40 am

[…] Parlindungan Sinurat: Berjuang Untuk Upah Layak […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *