Outsorsing BUMN Mogok Nasional, Tahun Baru Gelap Gulita

Aksi Unjuk rasa outsorsing BUMN ( Foto : google)
Aksi Unjuk rasa outsorsing BUMN ( Foto : google)

Warga pulau Jawa dan Bali terancam merayakan tahun baru dalam keadaan gelap gulita jika tuntutan demo buruh Senin (16/12) tidak dipenuhi. Pasalnya, buruh outsourcing BUMN akan mengadakan Blackday pada 31 Desember jika suara mereka tidak dengar.

Presiden Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Ahmad Fuad Anwar menjelaskan, saat Blackday nanti buruh outsourcing BUMN akan mogok, setidaknya di wilayah Jawa dan Bali.

“Bayangkan jika pegawai PLN, Garuda Indonesia, dan KAI tidak melakukan aktivitas kerjanya. Yang terjadi adalah kelumpuhan total. Di sini kami ingin tunjukkan, ini loh yang kami kerjakan. Kami punya sesuatu yang basic yang sangat mendasar dan dibutuhkan,” kata Ahmad di gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12).

Dia mengatakan buruh di Jawa dan Bali siap melakukan aksi ini. Kalimantan Timur juga telah konfirmasi, Ahmad bercerita di sana pernah dilakukan aksi semacam Blackday selama 10 menit dan menyebabkan kelumpuhan.

Ahmad menjelaskan aksi ini bukan sabotase, tapi merupakan akibat jika prosedur kerja tidak dilakukan. “PLN punya 700 ribu tenaga outsourcing. Bayangkan jika mereka tidak kerja, tidak usah dipadamkan akan padam secara alamiah,” ucapnya.

Namun begitu pria ini menegaskan ini merupakan aksi terakhir jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. Semuanya masih melihat hasil dari aksi mereka Senin mendatang. “Kami tidak mengancam, kami akan melakukan jika tuntutan tidak terpenuhi,” tuturnya.

Aksi Senin, massa buruh yang tergabung dalam Gerakan Bersama Buruh/Pekerja di Badan Usaha Milik Negara (Geber BUMN) menuntut Presiden mengeluarkan Inpres sejalan dengan rekomendasi Panitia Kerja Outsourcing dan Ketenagakerjaan BUMN DPR RI dan memberhentikan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Mereka juga menuntut DPR menggunakan hak interpelasi dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Outsourcing.

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/14/6/201468/Warga-Jawa-Bali-Terancam-Tahun-Baru-an-Gelap-Gulita

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/14/6/201468/Warga-Jawa-Bali-Terancam-Tahun-Baru-an-Gelap-Gulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *