Musnik VII PUK SPAMK FSPMI PT Excel Metal Industry

Karawang, KPonline – Bagi yang sudah malang melintang di organisasi serikat pekerja, pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang dimaksud dengan Musnik. Akan tetapi bagi mereka yang belum pernah menjadi anggota serikat pekerja, akan terasa awam dan tidak mengetahui apa yang di maksud dengan musnik.

Musnik singkatan dari Musyawarah Unit Kerja. Musnik akan di aksanakan jika Pengurus serikat pekerja yang lama telah selesai masa jabatannya. Salah satu tujuan Musnik adalah memilih pengurus baru setelah pengurus lama telah berakhir masa jabatannya

Seperti yang di lakukan oleh Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAMK FSPMI) PT Excel Metal Industry. Bertempat di Restaurant Sindang Reret, Tanjung Pura Karawang, Pimpinan Unit Kerja (PUK) SPAMK FSPMI PT PT Excel Metal Industry melaksanakan agenda Musnik VII.

Musnik mengambil tema, “Bangun kekompakan, komunikasi, fokus pada target bersama dalam meraih cita cita organisasi.”

Agenda tersebut dihadiri 82 peserta dan para tamu undangan. Diantaranya perwakilan dari Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Kab/Kota Bekasi, Dedi.

Begitu banyak hal yang telah dilakukan oleh PUK SPAMK FSPMI PT Excel Metal Industry dalam perjalanannya, semenjak terbentuk hingga saat ini telah memberikan begitu banyak warna kepada pekerja dalam bentuk kesejahteraan.

Sebelum terbentuknya serikat pekerja yang bernaung di bawah bendera FSPMI, perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotive yang berdomisili di kabupaten Bekasi tersebut pada awalnya telah memiliki serikat. Namun merasa tidak bisa memberikan kemajuan dan perbaikan yang nyata akan arti sebuah kesejahteraan bagi pekerja di PT Excel Metal Industry.

Karena itu, para pekerja berinisiatif membentuk FSPMI di tahun 2001. Alhasil setelah FSPMI hadir para pekerja yang awalnya tidak memiliki surat keterangan perjanjian kontrak (PKWT) kini bisa memilikinya. Begitu pun yang awalnya hanya PKWT dalam status kepegawaiannya berubah menjadi PKWTT.

“Itulah salah satu alasannya kenapa FSPMI hadir di PT Excel Metal Industry,” ucap Parman dalam wawancara saya dengan beliau.

Parman adalah ketua terpilih periode 2017 – 2020. Saat ini Puk PT Excel Metal Industry memiliki 776 anggota.

Berikut adalah kepengurusan PUK PT Excel Metal Industry 2017 -2020 :

1) Ketua. : Parman
2) Wakil ketua 1. : Suhartono
3) Wakil ketua 2. : Sumadi
4) Wakil ketua 3. : Eko Supriadi
5) Wakil ketua 4. : Husny Mubarak
6) Sekretaris. : Madrobih
7) Wakil sekretaris1: Agus Arifin
8) Wakil sekretaris2:Nasroh
9) Wakil sekretaris3:Ahyanto
10)Wakil sekretaris4:Moch ari sumawijaya
11) Bendahara. : Suhartono.

Parman berharap kepada seluruh anggota untuk tetap menjaga kekompakan dan tetap bersemangat untuk terus berjuang demi kesejahteraan pekerja.