IMG_00000673_editOleh: Handoko Wibowo

Bentuknya seperti anak kucing. Ia merupakan binatang malam yang liar dan bersifat carnifora. Dalam sebuah gerombolan, jumlahnya bisa mencapai ratusan.

Lingsang menjadi musuh bagi peternak ikan. Karena jika mereka menyerbu, ikan satu kolam bisa habis dalam waktu singkat.

Bagaimana cara mereka bekerja?

Gerombolan Lingsang terlebih dahulu mengaduk-aduk kolam, supaya airnya menjadi keruh. Akibatnya ikan-ikan teler kekurangan oksigen. Si ikan menjadi lemah dan satu persatu mudah ditangkap lalu disantap. Dalam situasi seperti itu sang ikan tidak lagi memiliki daya perlawanan: kehilangan kegesitan.

Bukankah seperti itu sekarang musuh-musuh kaum buruh bekerja? Hampir semua menyerang dari segala penjuru. Buruh disalah-salahkan. Dituding sebagai biang keladi hengkangnya investasi dari negeri ini. Jika hal ini diamini, maka artinya kita telah masuk perangkap kapitalis. Mereka mengatakan hal itu karena hendak mempertahankan kepentingannya sendiri dengan tidak membayar upah tinggi.

Ada kondisi dimana Lingsang menjadi gagal total dan tak berhasil menangkap ikan. Yaitu bila kolam diluaskan. Tanpa batas batas sempit. Sehingga Gerombolan Lingsang tidak mampu mengaduk-aduk air hingga keruh karena luasnya kolam. Akhirnya, selamatlah sang ikan.

Berhati-hatilah dengan cara kerja Lingsang, karena ia ada disekitar kita sendiri. Sangat dekat sekali. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *