Bekasi, FSPMI – Tambun-FSPMI, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16, Relawan buruh yang tergabung di Federasi Serikat Pekerja Metal sektor LOGAM yang dimotori oleh Iman Sutikno selaku Kabid. Sosek bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Pembina PMI Daerah Kab. Bekasi mengadakan acara bakti sosial donor darah di Aula Lantai 2 kantor sekretariat FSPMI Kab./Kota Bekasi, Selasa (24/2). Kegiatan ini adalah untuk yang ke-3 dilakukan FSPMI di tempat yang sama, kegiatan ini dihadiri sekaligus dibuka oleh tokoh buruh Bekasi kang Obon Tabroni, demikian biasa dipanggil.

Suasana Donor Darah ( Foto : Iwan BS )
Suasana Donor Darah ( Foto : Iwan BS )

Dalam sambutannya kang Obon Tabroni berharap bahwa donor darah ini merupakan kegiatan positif yang baik dilakukan apalagi dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga tidak hanya momen HUT FSPMI. Sementara dr. Yane perwakilan dari PMI menjelaskan bahwa donor darah itu ada 2 (dua) yaitu donor darah sebagai pengganti dan donor darah secara sukarela. Syarat umum pendonor adalah memiliki umur 17 – 60 tahun, tekanan darah < 100/70 – < 160/100 dan hemoglobin yang baik yaitu 12,5 – 17,5 dan jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor. Salah satu fakta tentang darah yaitu satu kantung/labu darah yang kita sumbangkan, rata-rata bisa menyumbang untuk 3 kehidupan. Hal yang tak kalah pentingnya dalam donor darah yaitu pendonor diharapkan memberikan keterangan yang sejujurnya mengenai riwayatnya sebelum mendonorkan darah.

24 februari 2015, Dalam rangka ulang tahun yang ke 16 Konsulat Cabang FSPMI bekasi mengadakan kegiatan donor darah.."bakti dan cinta untuk sesama"
24 februari 2015, Dalam rangka ulang tahun yang ke 16 Konsulat Cabang FSPMI bekasi mengadakan kegiatan donor darah..”bakti dan cinta untuk sesama”

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh 150 orang baik dari buruh anggota FSPMI, pejabat dan masyarakat di lingkungan sekitar dan mendapatkan 108 kantong darah. Dalam kegiatan ini selain dari PMI, acara bakti sosial donor darah ini juga dimeriahkan dengan adanya pemeriksaan kesehatan komposisi tubuh meliputi kadar lemak, kadar air, massa otot, usia sel, massa tulang dan lemak perut dari Herbalife. *Roel – Infokom PC SPL FSPMI Bekasi*

Sebelum melakukan donor, salah seorang anggota FSPMI di periksa tensi darahnya ( foto : Iwan Bs )
Sebelum melakukan donor, salah seorang anggota FSPMI di periksa tensi darahnya ( foto : Iwan Bs )