Buruh Demak bergerak
Buruh Demak Bergerak

“Jawa Tengah menjadi surga bagi upah murah?” Nampaknya sudah tidak lagi!

Mimpi untuk upah layak, bukan hanya milik buruh di Jakarta dan sekitarnya saja. Itu adalah mimpi seluruh buruh di negeri yang berjuluk zamrud di khatulistiwa ini. Buktinya, hingga hari ini, gelombang aksi masih terus terjadi. Dan akan terus menguat di hari-hari mendatang, sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Selasa, 24 September 2013, giliran buruh di Kabupaten Demak yang bergerak. Kurang lebih seribu buruh di kabupaten yang menjadi wilayah Provinsi Jawa Tengah itu menuntut adanya kenaikan upah. Sama, seperti yang dilakukan kawan-kawannya didaerah lain.

Seperti diketahui, selama ini Jawa Tengah menjadi surganya upah murah. Namun tidak untuk kali ini. Buruh-buruh disana sudah menyatakan sikap, untuk tidak mau lagi dibodohi berkali-kali. Maka terjadilah aksi-aksi besar yang beruntun. Di Semarang, di Cilacap, dan kali ini Demak. Daerah-daerah lain dipastikan akan menyusul dalam waktu yang tidak lama lagi.

Sementara di Jakarta, saat ini juga tengah disiapkan konsolidasi nasional yang akan dihadiri 1.000 aktivis, dari seluruh pelosok negeri. Menyiapkan aksi di puluhan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dan puncaknya melakukan mogok nasional. Rezim upah murah memang harus diakhiri, demi terwujudnya cita-cita kesejahteraan yang tegas disebutkan dalam konstitusi. (Kascey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *