Irwan

Banyak cara untuk menyampaikan aspirasi. Yang sering kita lakukan di FSPMI adalah dengan turun ke jalan, melakukan aksi. Diluar itu, kita sering menggelar seminar, melakukan loby dan diskusi. Diluar itu, sebenarnya ada satu lagi yang bisa kita lakukan agar aspirasi kaum buruh bisa didengar: menulis.

Harus diakui, tidak banyak kaum buruh yang menuangkan gagasan dan pemikirannya melalui tulisan. Didorong oleh keinginan untuk menumbuhkan kebiasaan menulis dikalangan buruh perempuan , beberapa waktu yang lalu Direktorat Perempuan FSPMI menyelenggarakan lomba menulis dengan mengambil tema “saatnya perempuan bicara.

Lomba menulis ini akan ditutup pada tanggal 15 April 2014, pukul 24.00  WIB. Masih terbuka kesempatan bagi kawan-kawan perempuan FSPMI untuk mengirimkan karyanya.

Hingga tanggal 10 April 2014, pukul 22.00 WIB, sudah ada 9 (sembilan) naskah yang masuk. Naskah yang masuk masih didominasi oleh kawan-kawan dari Bekasi, Karawang dan Tangerang. Kita masih menunggu karya kawan-kawan yang lain, khususnya yang berada diluar Jabodetabek. Silakan di cek, apakah karya Anda menjadi salah satunya:

1. Ibuku Wanita Luar Biasa (Andika Tertiarini, Amd ~ Bekasi)

2. Jeritan Seorang Anak Buruh (Kusuma Dewi ~ Karawang)

3. Emansipasi adalah Perjuangan dan Pengorganan (Tuti Yulistiawati ~ Bekasi)

4. Jadikan Kerjamum, Semata-mata Hanya Karena Ibadah Kepadanya (Lailatul Fitria ~ Jawa Timur)

5. Buruh Perempuan yang Berjuang (Susi ~ Tangerang)

6. Merintis Pergerakan (Mundiah ~ Serang)

7. Ketuk Pintu Strategi Pemilu (Mundiah ~ Serang)

8. Takdirku Bukan Mimpiku (Djarwati Mini Rahayu ~ Cimanggis)

9. Semangat Kartini Modern (Ahyati ~ Bekasi)

* * *

Bagi anggota FSPMI yang ingin mengikuti lomba menulis ini, sila simak ketentuannya berikut ini:

1. Menjadi anggota FSPMI.

2. Tulisan harus berupa kisah nyata buruh perempuan (baik di tempat kerja, di serikat pekerja dan di rumah tangga). Bisa berupa pengalaman pribadi atau orang-orang terdekat. Tulisan bisa berbentuk curah pendapat, surat terbuka, artikel, dan sebagainya.

3. Panjang tulisan adalah 2 – 5 halaman A4 dengan jenis hurub Times New Roman dengan ukuran 12.

4. Tulisan dikirimkan ke alamat e-mail berikut: infokomburuh@gmail.com dan di CC ke:atundoank79@gmail.comhanipahdiono@gmail.com dan kahar.mis@gmail.com dengan subjek email: PEREMPUAN BICARA.

5. Setiap penulis wajib mengirimkan foto close up dan biodata lengkap, seperti nama, tempat kerja, dan nomor handphone.

6. Setiap 1 orang penulis maksimal boleh mengirimkan 2 (dua) buah tulisan.

7. Lomba menulis ini dibuka pada tanggal 14 Maret 2014 dan ditutup pada tanggal 15 April 2014. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada tanggal 21 April 2014.

8. Seluruh naskah yang masuk menjadi hak milik FSPMI. Dan bagi naskah yang dianggap layak akan diterbitkan di Koran Perdjoeangan, Website FSPMI dan akan dibukukan.

9. Setiap penulis yang mengirimkan tulisan akan mendapatkan souvenir. Sedangkan tiga tulisan terbaik mendapatkan Piagam Penghargaan dan hadiah menarik dari dari Departemen Perempuan FSPMI.

10. Bertindak selaku dewan juri dalam lomba menulis ini adalah Tim Media FSPMI dan Departemen Perempuan FSPMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *