Hari Ini Ribuan Buruh Geruduk PTUN Bandung

Posted by
Share Button

Siaran Pers KSPI

25 September 2013

Tentang Aksi Gugatan Ke PTUN Bandung

Aksi Buruh di PTUN Bandung pada tahun 2012 menolak Gugatan Apindo

Aksi Buruh di PTUN Bandung pada tahun 2012 menolak Gugatan Apindo

Sebanyak 5000 buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Barat dan aliansi serikat pekerja se Jabar, seperti buruh Bekasi Bergerak, Forum Buruh Depok, Forum Buruh Bogor Bersatu, Forum Buruh Karawang, Aliansi Buruh Purwakarta Subang, Forum Buruh Bandung Raya, Aliansi Buruh Sukabumi dll akan melakukan aksi di depan gedung PTUN Bandung besok pagi (26/9). Aksi ini dilakukan bertepatan dengan adanya pembacaan putusan sidang gugatan terhadap SK Gubernur Jawa Barat no 561 tentang penangguhan UMP.

Korlap Aksi Sekaligus Pengurus KSPI Jawa Barat Baris Silitonga mengungkapkan, aksi 5000 pekerja ini menuntut dibatalkannya SK Gubernur Jawa Barat no 561 tentang penanguhan UMP. Menurutnya, SK Gubernur Jawa Barat tersebut sarat dengan kecurangan dan akal-akalan pengusaha untuk membayar upah murah pada buruh.

Dia menerangkan, sebenarnya buruh tidak keberatan bila UMP untuk Buruh ditangguhkan perusahaan asal sesuai dengan mekanisme Permenakertrans no 231 tahun 2013. Menurutnya, selama ini justru fakta yang ada dilapangan tidak demikian, perusahaan tidak memenuhi mekanisme dan syarat penanguhan UMP sesuai Permenakertrans yang berlaku. Sehingga, lanjut dia wajib SK Gubernur Jawa Barat no 561 mengenai Penanguhan UMP dibatalkan.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua DPW KEP Jawa Barat Marmin Hartono. Menurutnya, SK Gubernur Jawa Barat tersebut bertentangan dengan UU no 13 tahun 2013 dimana upah minimum adalah upah terendah yang berlaku diwilayah kabupaten atau kota dan perusahaan wajib melaksanakannya. Dia menekankan, Pembayaran upah dibawah upah minimum oleh perusahaan adalah melanggar UU. Sehingga, lanjut dia sudah sepatutnya SK Gubernur Jawa Barat tersebut dibatalkan PTUN.

Terimakasih
Tim Media KSPI