Pelalawan,FSPMI– Untuk mencetak buruh yang cerdas dan bermartabat, Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten Pelalawan mengadakan pendidikan organisasi dengan tema “Pendidikan Sebagai Bekal Melanjutkan Perjuangan” Minggu(20/10/19). Dalam pendidikan ini pendidikan lebih fokus mekanisme dan prosedur cara-cara berunding dalam organisasi yang tentu sesuai aturan-aturan yang berlaku

Ketika permasalahan timbul di suatu perusahaan terkait masalah perselisihan hak ataupun perselisihan kepentingan sebaiknya di selesaikan di tahap Bipartit dan melakukan perundingan sebaik mungkin, supaya terwujud kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua belah pihak dan terciptanya hubungan harmonis antara serikat pekerja dengan pihak perusahaan.

“Bipartit adalah tahap awal dalam menyelesaikan permasalahan di tingkat PUK. Jika setelah 2 kali mengadakan perundingan Bipartit tapi tidak ada titik temu, maka tahap ke dua dalam penyelesaian permasalahan yaitu melalui mediasi yang dimana ada pihak ke tiga dalam perundingan tersebut dan disebut mediator dan jika mediasi sudah dilakukan tapi tidak menghasilkan kesepakatan, maka akan berlanjut ketahap berikutnya yaitu PHI “Jelas Samsul Bahri, Sekretaris KC FSPMI-KSPI kabupaten Pelalawan

Samsul Bahri menambahkan “Dengan mengikuti pertemuan yang positif seperti pendidikan ini dampaknya tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk anggota,teman serta lingkungan sekitarnya”

Jangan sampai sebagai anggota hanya mau menerima manfaat dari serikat tanpa ingin tau tentang serikat yang sesungguhnya.

Agenda ini membuat semua sadar bahwa berserikat itu penting. Mengapa sebagian orang malas untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pendidikan dalam serikat? Apa penyebab seseorang itu malas? Karena mereka belum tahu nikmatnya mencari ilmu dan berjuang.

Waktu terus berjalan maju tidak akan pernah mundur, langkah kaki tak akan pernah berhenti begitu dengan perjuangan hari ini.

Diharapkan dengan adanya pendidikan dasar, para peserta lebih semangat dan giat lagi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan serikat pekerja dan sadar pentingnya serikat dalam perjuangan guna mewujudkan kepentingan bersama.