Surabaya,FSPMI-Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia ( FSPMI) Wilayah Jawa Timur mengadakan Diskusi Publik Kupas Tuntas Sistem Pengupahan 2017 pada tanggal 18 September 2016.

” Ide awal diadakan Diskusi Publik Kupas Tuntas Sistem Pengupahan 2017 adalah karena upah adalah urat nadi buruh maka buruh sangat berkepentingan dalam proses penetapanya. Dalam hal ini apa yang akan di lakukan oleh pemerintah propinsi Jawa Timur untuk proses kenaikan upah tahun 2017. Karna sebelumnya semua tau jika sistem pengupahan dilakukan dengan survei pasar tapi sejak di berlakukanya PP 78 semua berubah.” ujar Ismail dari PC SPL FSPMI selaku panitia acara.

 Diskusi Publik Kupas Tuntas Sistem Pengupahan 2017 FSPMI JATIM

Diskusi Publik Kupas Tuntas Sistem Pengupahan 2017 FSPMI JATIM

Sementara dalam sambutan yang di sampaikan olek ketua KC FSPMI Surabay  Doni arianto menegaskan bahwasanya UMK 3 juta itu bukan lagi Upah di Kota Surabaya.

” Sebagai salah satu Kota terbesar Di Indonesia, sudah seharusnya UMK Surabaya harus lebih dari yang sekarang ” terang Doni

Doni juga menyampaikan bahwa diskusi ini sangat bagus dilakukan karena pada tanggal 29 September nanti FSPMI akan melakukan aksi besar-besaran dengan salah satu tuntutanya adalah Naikan upah 2017 sebesar 650.000 meskipun angka itu sepertinya sangat tidak mungkin didapatkan jika pemerintah masih menggunakan sistem PP 78 tahun 2015.

” Kami akan terus melawan kebijakan upah murah Pemerintah khususnya PP 78, FSPMI tidak akan pernah diam dengan Pengupahan 2017 nanti ” ujar Doni.

Nara sumber pada diskusi ini diantaranya:
1. Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs.H syaifullah yusuf
2. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Surabaya
3. Kepala BPS Pemerintah Propinsi Jawa Timur
4. Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Propinsi Jawa Timur
5. Kepala Biro Hukum Pemerintah Propinsi Jawa Timur.
6. DPW FSPMI Jawa Timur

Acara ini di hadiri sekitar 500 Anggota FSPMI Surabaya dan undangan lainya.  Bukti rasa antusiasme mereka untuk mengupas tuntas sistim pengupahan 2017 sepertinya sangat tinggi ( nduk shofie )