Frezi Anwar: “Sebab Setiap Perubahan Harus Diperjuangkan”

Menghadiri Musnik PUK SPEE FSPMI PT. Epson Batam
Menghadiri Musnik PUK SPEE FSPMI PT. Epson Batam (Paling Kiri)

Mari membicarakan cita-cita.

Bagi saya, cita-cita bukanlah sekedar kata yang tanpa makna. Cita-cita adalah penyemangat jiwa. Yang membuat kita rela bangun pagi-pagi dan bekerja lebih giat dari rata-rata untuk mewujudkannya. Buat saya, cita-cita tanpa diperjuangkan hanya akan menjadi khayalan. Itulah sebabnya, cita-cita harus diperjuangkan. Sederhana bukan?

Hal ini senafas dengan semboyan hidup saya: “Tidak akan berubah nasib suatu kaum jika tidak kaum itu sendiri yang merubahnya.”

Tidak akan pernah terwujud cita-cita seseorang, jika orang itu sendiri tidak berusaha untuk mewujudkannya. Teorinya sesederhana itu. Meskipun sesungguhnya proses untuk mewujudkan cita-cita tidaklah sesederhana yang kita kira.

Ketika ada orang yang menanyakan tentang cita-cita kepada saya, saya tidak bisa menjawabnya dengan singkat. Kebanyakan orang akan menjawab: bercita-cita menjadi dokter, guru, wartawan, pilot, dan sebagainya.

Sementara cita-cita saya sama sekali tidak berhubungan dengan profesi. Ada dua hal yang selalu mengusik hari-hari saya dan setiap saat saya ingin mewujudkannya. Sesuatu yang kemudian saya sebut sebagai cita-cita itu adalah: Pertama, menjadikan buruh di Kepulauan Riau bermartabat dan tidak lagi menjadi warga yang termarjinalkan di daerahnya sendiri. Kedua. menjadikan Propinsi Kepulauan Riau – khususnya Kota Batam – sebagai kota industri yang ramah buruh dan investasi.

Jika saya harus mengatakan hal itu ketika ditanyakan tentang cita-cita saya, sama sekali tidak ada maksud untuk gagah-gagahan. Bukan saja sok idealis. Sebab pada kenyataannya hari-hari saya selalu disibukkan dengan kerja-kerja nyata sebagai upaya untuk mewujudkannya.

Sejak tahun 2000 saya bekerja di PT. Foster Electric Indonesia. Di perusahaan ini saya ditempatkan didalam Departemen Process Engineering. Sembilan tahun kemudian, tepatnya di tahun 2009 saya terpilih sebagai Ketua PUK di perusahaan ini.

Amanah perjuangan saya semakin besar, ketika pada tahun 2011 saya dipercaya sebagai Sekretaris Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Kota Batam untuk periode 2011 – 2016. Kemudian diminta oleh organisasi untuk duduk dalam keanggotaan LKS Tripartit Kota Batam dari unsur buruh (periode 2012-2015).

Jika kemudian saya becita-cita agar kaum buruh tidak dimarjinalkan dirumahnya sendiri, hal itu ada historisnya. Ada latar belakangnya. Setiap hari, langsung maupun tidak langsung, saya bahkan sudah berusaha mewujudkannya: bukan hanya sekarang, tetapi sejak beberapa tahun kebelakang.

Nama saya memang tercatat sebagai calom legislatif Provinsi Kepulauan Riau dari Partai HANURA dengan Nomor Urut 3 Dapil Batam C (Kecamatan Sei Beduk, Bulang, Galang dan Nongsa). Hanya saja, yang perlu saya tegaskan disini, itu bukanlah keinginan pribadi saya sendiri.

Saya maju sebagai caleg dalam pemilu 2014 karena direkomendasikan oleh organisasi. Secara pribadi saya berpandangan, menjadi anggota legislative bisa menjadi media yang efektif untuk mewujudkan cita-cita. Atas pertimbangan itulah saya menerima.

Oleh karena itu, saya akan memadukan visi-misi FSPMI dengan visi-misi Partai Hanura. Tentu saja, sebagai salah seorang yang diusulkan oleh organisasi melalui sayap politiknya JASMETAL (Jaringan Simpul Pekerja Metal) Kota Batam, maka saya akan tunduk jika nanti Jasmetal mengeluarkan Visi dan Misi ataupun Kontrak Politik antara Partai Hanura dengan Jasmetal (mewakili FSPMI).

Cita-cita memang harus diwujudkan. Apa yang saya lakukan, baik aktif dalam gerakan serikat pekerja maupun sebagai caleg dari Partai Hanura, adalah bagian dari upaya untuk mewujudkannya. (Kascey)

 

Biodata:

Nama Lengkap: Frezi Anwar

Nama Panggilan: Frezi

Tempat Tanggal Lahir: Sei Abang (Sumatera Barat) / 27 Juli 1974

Alamat Rumah: Perumahan Bumi Sakinah. Blok Madinah I no 21. Tembesi. Sagulung. Batam. Kepulauan Riau (KEPRI).

Istri: Eva Gusiana, A.Md

Anak: Najwa Munifah  Frezeva (Pr/5 tahun) dan Rayde Hazim Frezeva (Lk2/3tahun).

Pendidikan: Diploma 3 Poltek Padang Jurusan Mesin.

Hoby: Olah Raga

Semboyan hidup: “Tidak akan berubah nasib suatu kaum jika tidak kaum itu sendiri yang merubahnya.”

.

Artikel Terkait:

– Frezi Anwar: “Sebab Setiap Perubahan Harus Diperjuangkan”

– Frezi Anwar: “Hasil Nyata Perjuangan Serikat Pekerja”

– Frezi Anwar: “Menjadi Penyambung Aspirasi Kaum Buruh”

– Frezi Anwar: “Urusan Pekerja, Serangkan Pada Ahlinya”

3 Comments on “Frezi Anwar: “Sebab Setiap Perubahan Harus Diperjuangkan””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *