Larangan untuk mengambil/menerima dan meng-SK-an anggota Afiliasi Federasi KSPI menjadi anggota FSPMI kembali ditegaskan oleh Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPP FSPMI) melalui suratnya Nomor: 01274/Org/DPP FSPMI/VII/2013 tertanggal 13 Juli 2013. Larangan ini merujuk pada AD/ART FSPMI yang mengatur bahwa FSPMI tidak boleh menerima anggota KSPI lainnya menjadi anggota FSPMI.

522720_3800590707457_729916937_n

Dalam Pasal 18 Anggaran Dasar FSPMI memang disebutkan, bahwa sektor industri dan jasa yang bisa bergabung dengan FSPMI hanya boleh bergabung apabila bukan anggota Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Oleh karena itu, DPP FSPMI meminta kesabaran dan keikhlasan rekan-rekan Perangkat Organisasi FSPMI untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan khususnya di KSPI demi sebuah cita-cita yang lebih besar dengan cara menghindari perebutan/pengambilan sesama anggota federasi di KSPI.

Dalam surat yang ditujukan kepada PP SPA FSPMI, DPW FSPMI, dan PC SPA FSPMI se-Indonesia itu; DPP FSPMI juga menginstruksikan, bilamana sudah ada anggota Federasi Afiliasi KSPI yang berpindah menjadi anggota FSPMI untuk mencabut SK PUK tersebut. Meskipun demikian, FSPMI tetap dapat membantu, membina, dan mengatasi permasalahan PUK tersebut bersama Federasi Serikat Pekerjanya tanpa harus berpindah keanggotaan menjadi anggota FSPMI.

“Membantu dan membina ini dalam rangka ke-KSPI-an,” begitu ditegaskan dalam surat instruksi yang ditandatangani oleh Presiden dan Sekretaris Jenderal DPP FSPMI tersebut.

Disampaikan juga, surat instruksi ini dibuat dengan semangat untuk membangun persatuan kaum buruh Indonesia untuk menegakkan cita-cita kesejahteraan pekerja dan anggotanya: Jaga kesabaran dan keikhlasan perjuangan kita di FSPMI.

Berikut ini adalah Afiliasi FSP/SB yang tergabung dengan KSPI:

  1. FSP Farkes Reformasi (dipimpin oleh Bapak Djufnie Ashary)
  2. FSP KEP (dipimpin oleh Bapak Sjaiful DP)
  3. Aspek Indonesia (dipimpin oleh Bapak Jaya Santoso)
  4. PB PGRI (dipimpin oleh Bapak Sulistyo)
  5. FSP Par. Reformasi (dipimpin oleh Bapak Sofyan Abdul Latif)
  6. FSP PPMI (dipimpin oleh Bapak Agus Toniman)
  7. FSP ISI (dipimpin oleh Bapak Edi Irawadi)
  8. FSP Kahutindo (dipimpin oleh Bapak Khoirul Anam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *