Diary Anggota FSPMI_web(1)Yogyakarta – Sekitar 500 orang difabel atau penyandang disabilitas di DIY akan menghadiri event nasional Blogger Nusantara 2013 di tiga tempat di DIY. Event tersebut merupakan pertemuan sekitar dua ribu blogger se-Indonesia ke-3 yang berlangsung pada 30 November-1 Desember di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Pendopo Joglo Abang Kabupaten Sleman, dan Desa Wisata Tembi Kabupaten Bantul. Pertemuan blogger itu berkolaborasi dengan Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (Sigap).

“Kami bisa menggunakan momentum itu untuk mengampanyekan soal disabilitas. Apalagi 3 Desember adalah Hari Internasional Penyandang Disabilitas,” kata Direktur Sigap Joni Yulianto kepada Tempo, Jumat, 29 November 2013.

Dia menjelaskan, saat ini cukup banyak difabel yang menggunakan media blog maupun media sosial lainnya untuk berkampanye. Melalui pertemuan dengan para blogger tersebut, Jono berharap akan memberikan dampak bagi para penulis blog tersebut.

“Jadi semakin banyak penulis yang tertarik soal isu disabilitas. Juga menyampaikan pesan pada masyarakat, bahwa inklusi (kebersamaan) harus disadari bersama,” kata Joni.

Juru bicara acara pertemuan blogger se-Nusantara, Jeanot Nahasan Nida, menambahkan selain menulis soal disabilitas, para blogger juga diminta menuliskan tentang apa saja yang terjadi selama mereka di DIY. Bisa tentang perjalanannya menuju Yogyakarta, soal acara pertemuan tersebut, maupun soal apa saja yang ditemui mereka di DIY.

“Kami akan ajak blogger ke Malioboro. Mereka juga bisa menulis soal kulinernya,” kata Jeanot.

Jumlah blogger dari DIY yang ikut serta sekitar 300 orang. Kecenderungan para blogger tersebut saat ini adalah menggunakan blog sebagai media untuk menginformasikan jual beli.

http://www.tempo.co/read/news/2013/11/30/072533529/Difabel-Ajak-Blogger-Kampanye-Disabilitas


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *