Di Subang Pun, Buruh Berjuang

Posted by
Share Button

IMG-20131010-WA002Adalah Subang, daerah yang masuk wilayah Jawa Barat ini tiba-tiba mencuri perhatian. Ini terjadi, setelah kemarin (Kamis, 10 Oktober 2013) Aliansi Buruh Subang  melakukan aksi untuk menolak upah murah. Tak tanggung-tanggung, mereka meminta UMK 2014 ditetapkan sebesar 2,2 juta. Kenaikannya kurang lebih 100 persen.

Bersamaan dengan itu, di Jakarta, kaum buruh juga melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan yang hampir sama. Menolak upah murah, cabut Inpres No. 9 Tahun 2013, hapuskan outsourcing, serta jalankan jaminan sosial.

Aksi yang dilakukan di Subang ini, semakin menegaskan jika tuntutan buruh sudah tak bisa ditawar. Gerakan ini sudah meluas. Bahkan mampu menggerakkan daerah-daerah yang selama ini tak terdengar pernah melakukan aksi.

Upah adalah sesuatu yang universal. Dimana pun buruh berada, niscaya tuntutan itu akan terus disuarakan. Maka tak heran, selama Pemerintah masih berorientasi kepada upah murah, perlawanan kaum buruh akan terus disuarakan. Dan jika perlu, dengan melakukan mogok nasional.

Jika buruh di Subang saja, yang selama ini dikenal bukan sebagai basis daerah industri ikut berjuang, tentu ini akan menjadi penyemangat bagi kaum buruh yang berada di kota-kota industri untuk melipatgandakan semangatnya dalam mewujudkan cita-cita mulia ini. Lantas bagaimana dengan Anda? (Kascey)