bata ultahOleh: Kenthus Markemo, PUK SPL FSPMI PT KYC

 

Masih membekas dalam ingatan saya. Ketika setahun yang lalu, seorang anggota PUK SPAI FSPMI PT. Sepatu Bata Tbk bertanya kepada saya. “Bung, kira-kira kita akan berhasil nggak ya, bung? Kalau lihat dari perjuangan FSPMI selama, biasanya pasti berhasil”.

Saya hanya menimpali kata-kata itu. “Keberhasilan dalam perjuangan itu bukan pada serikatnya, bung. Tetapi dari anggotanya mau berjuang secara total tidak?”

Sejak saat itulah, perjuangan PUK SPAI PT. Sepatu Bata Tbk dimulai. Hingga akhirnya, rekan yang pernah bertanya kepada saya tadi saat ini menjadi anggota Garda Metal.

Memulai pergerakannya setahun yang lalu, kawan-kawan di PT. Sepatu Bata Tbk menuntut hak mereka sebagai PKWTT. Buruh pabrik sepatu itu langsung hadir dalam isu nasional FSPMI. Meskipun PUK baru dengan pengalaman yang masih seumur jagung, tetapi mereka berani menantang sebuah perusahaan bertaraf internasional.

Tak tanggung-tanggung, kurang lebih 2 (dua) bulan kami mengepung PT. Sepatu Bata Tbk, hingga akhinrya pabrik itu lumpuh tak mampu beroperasi.

Dalam waktu selama itu militansi kawan-kawan Sepatu Bata benar-benar solid. Ibarat pepatah, ‘ tak lekang oleh waktu tak lapuk karena usia’ perjuangan mereka bagai air yang terus-menerus menerpa batu karang.

Hari ini tepat satu tahun sejak perjuangan itu, kami bertemu kembali. Tetapi pertemuan itu bukan untuk temu kangen, tetapi untuk merayakan keberhasilan mereka. Sebanyak 206 orang anggota serikat yang dulu tak jelas nasibnya kini telah menjadi karyawan tetap di PT Sepatu Bata Tbk.

Ini semua adalah hasil kerja keras yang mereka lakukan selama ini.

Perjuangan buruh Sepatu Bata yang sungguh-sungguh itu telah dibalas Tuhan dengan sepadan. Apa yang mereka ragukan, sekarang telah berubah menjadi keyakinan: bahwa ketika kita berjuang, perubahan pasti akan kita dapatkan.

Saya terharu melihat mereka. Bahagia sekali rasanya. Mereka adalah contoh nyata perjuangan para pahlawan buruh saat ini.

Dirgahayu PUK SPAI PT. Sepatu Bata Tbk. Jayalah selalu dirimu. (*)

Categories: Kabar Anggota

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *