Ahok Bersama Masa Buruh

Ahok Bersama Masa Buruh

Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta idealnya harus mencapai Rp 4 juta. Pasalnya, perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebesar Rp 1,9 hanya diperuntukan bagi yang belum berkeluarga.

“Sebenarnya di DKI kebutuhan hidupnya itu Rp 4 jutaan, seorang lajang sudah hampir Rp 2 juta, itu pun tidak ada komponen asuransi. Perkiraan kami, kalau di DKI dapat penghasilan Rp 4 jutaan, itu lah UMP yang sesungguhnya untuk sebuah keluarga,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota DKI, Minggu (30/6).

Mantan bupati Belitung Timur ini mengatakan, UMP sebesar Rp 4 juta termasuk untuk biaya pendidikan dan kesehatan bagi satu keluarga. Selain itu, KHL saat ini perhitungannya terdiri dari 40 komponen. Ia berharap, kedepannya perhitungan KHL dapat mencapai 120 komponen.

“Saya harap nanti komponen KHL bisa dikaji sampai 120. Semua UMP kita akan naik Rp 4 jutaan. Karena itu baru sebuah keluarga bisa hidup di DKI, bisa kuliahin anak, dan ngicil rumah,” katanya.

Ia menyebutkan dengan UMP Rp 2,2 juta saat ini, hanya untuk kehidupan seorang lajang. Sementara banyak pekerja yang telah berkeluarga, sehingga dengan UMP saat ini dirasa tidak memenuhi kebutuhan.

“Masalahnya itu untuk lajang, sementara dia harus menghidupi istri dan keluarga,” katanya.

Mantan anggota Komisi II DPR ini mengaku perhitungan di Jakarta tidak bisa disamakan dengan daerah lainnya. Karena memang kebutuhan hidup di Jakarta dengan daerah lainnya berbeda.

“Tugas Pak Gubernur dan saya itu membuat penuh otak, perut dan dompet warga DKI. Kalau dompet mau penuh hasilnya mesti Rp 4 jutaan,” tandasnya.

 

sumber : http://www.merdeka.com/jakarta/ahok-ump-ideal-untuk-keluarga-rp-4-juta-rp-2-juta-buat-lajang.html

image : merdeka.com

Ahok Bersama Masa Buruh

Ahok Bersama Masa Buruh


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *